FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2019

    3035

    [DISINFORMASI] Minuman Panas dan Makanan Pedas Sebabkan Kanker Mulut

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Banyak beredar informasi perihal penyakit kanker yang menyebabkan ketakutan pada masyarakat, salah satunya informasi bahwa memakan makanan pedas dan meminum minuman panas dapat memicu kanker mulut.

    Faktanya dr. drg Sri Hananto Seno, SpBM(K),MM, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia menyebut anggapan bahwa memakan makanan pedas dan meminum minuman panas dapat memicu kanker mulut tidaklah tepat. Ia menerangkan jika pada saat daya tahan tubuh rendah, mukosa akan menjadi sensitif sehingga memakan makanan pedas dan meminum minuman panas dapat menyebabkan terjadinya iritasi, mulut menjadi kering, dan salivasi (air liur) berkurang. Sementara itu dr drg Rahmi Amtha, SpPM, ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia menambahkan bahwa meminum minuman panas tidak menyebabkan kanker mulut namun bisa menyebabkan kelainan ringan di rongga mulut, yang disebabkan oleh thermal burn (melepuh). Ia pun menjelaskan bahwa di dalam makanan pedas mengandung capsacin  yaitu, zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Dr Rahmi mengatakan beberapa faktor utama kanker mulut yakni penggunaan tembakau seperti merokok, kebiasaan minum alkohol, nyirih dan penularan virus seperti oral seks.

    Link Counter :

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4343012/benarkah-minuman-panas-dan-makanan-pedas-bisa-sebabkan-kanker-mulut

    https://kumparan.com/@kumparansains/benarkah-makanan-dan-minuman-panas-bisa-sebabkan-kanker-mulut-1544761666058149384

    Berita Terkait

    [HOAKS] Give Away Mengatasnamakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung

    Selengkapnya

    [HOAKS] Serpihan Logam dalam Makanan Bayi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kebakaran Gudang Peluru Sebabkan Korban 15 Orang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ketua DPR RI Puan Maharani Mengesahkan Hak Angket

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA