FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 10-2019

    832

    Dirjen Aptika: Perbanyak Konten Inovatif dan Inspiratif

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Penyebaran konten negatif di internet terjadi sangat masif. Salah satu cara paling ampuh melawannya adalah dengan memperbanyak konten positif yang inovatif dan inspiratif.

    “Hadirnya Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi akan mewadahi lahirnya konten-konten positif di dunia maya. Masyarakat nanti akan punya pilihan. Jika konten positif sudah banyak disebarkan mungkin konten-konten negatif tidak perlu lagi diblok, karena masyarakat sudah sadar dan akan meninggalkannya,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam acara Siberkreasi Netizen Fair 2019, di The Kasablanka Jakarta, Sabtu (05/10/2019).

    Sebelum menjadi sebuah yayasan seperti saat ini, awalnya Siberkreasi merupakan cara pemerintah untuk melibatkan semua sektor dalam literasi digital, termasuk netizen.

    “Saat ini Siberkreasi beranggotakan 103 organisasi. Gerakan Siberkreasi sudah ada di 450 kabupaten/kota dan bekerja sama dengan 12.000 relawan pandu digital,” ungkap Semuel.

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi merupakan wadah kolaborasi multistakeholders untuk mendorong internet dan media sosial yang sehat di Indonesia. Gelaran Siberkreasi Netizen Fair 2019 yang mengusung tema Creator Generation, merupakan gelaran ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018.

    Siberkreasi Netizen Fair 2019 dimeriahkan beberapa rangkaian acara yang menyasar penyebaran pengetahuan mengenai literasi digital kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai metode. Seperti School of Influencer (SOI), Pandu Digital, serta beberapa seminar dan workshop.

    Berita Terkait

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA