FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2019

    328

    Berau Terima Bantuan Jaringan Internet dari Kominfo

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TANJUNG REDEB, beritakaltim.co- Kabupaten Berau mendapatkan bantuan jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Bantuan ini merupakan program Kominfo yaitu prioritas akses broadbrand.
     
    Ada 25 lokasi yang mendapatkan bantuan jaringan internet ini dan tersebar di Kecamatan Segah, Kelay, Maratua, Batu Putih, Biduk-biduk, Talisayan, Tabalar, Pulau Derawan, Biatan, Sambaliung, Gunung Tabur, Tanjung Redeb dan Pulau Derawan.
     
    Bantuan jaringan internet ini menjadi salah satu bagian pemerintah dalam memenuhi akses internet di seluruh kecamatan khususnya yang masuk dalam blank spot.
     
    Kepala Dinas Kominfo Berau, Drs. Susila Harjaka menyampaikan, usulan yang diajukan pihaknya dalam mendapatkan bantuan ini yaitu 39 lokasi. Namun yang disetujui hanya 25 lokasi saja setelah melalui beberapa pertimbangan. “Jadi syarat utama yang harus dipenuhi adalah energy listrik dan lahan seluas 2×2 meter sebagai lokasi penempatan alatnya,” ujarnya.
     
    Dijelaskannya, jaringan internet yang akan diberikan ini akan menggunakan akses langsung lewat satelit. Dengan bandwith sebesar 2 Mbps di setiap lokasi.
     
    “Internet yang akan digunakan nantinya tidak bayar dan bebas digunakan kapas saja tergantung dengan listrik di daerah itu. Yah kita harapkan ke depan ada bantuan untuk pemenuhan energy listriknya, sehingga alat ini bisa berjalan 24 jam,” jelasnya.
     
    Untuk lokasinya, Harjaka menegaskan bahwa fokus utama adalah sekolah, puskesmas dan kantor kepala kampung. Untuk sekolah, pertimbangannya adalah mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara puskesmas untuk pengurusan BPJS, dan kantor kepala kampung pemenuhan administrasi kampung, baik berupa pelaporan maupun hal lainnya.
     
    “Karena saat ini semuanya serba online, jadi pemenuhan jaringan internet ini sangat diperlukan. Dalam penggunaannya nanti, internet yang dipakai hanya dapat digunakan di sekitaran situ saja. Jarak sinyalnya tidak terlalu jauh. Kalau sebelumnya berupa tower telekomunikasi dari USO, sementara yang bantuan saat ini berupa parabola,” ujarnya.
     
    Harjaka menambahkan, bantuan ini merupakan program baru yang diluncurkan oleh Kominfo. Dengan adanya bantuan jaringan internet ini bakal mempermudah dalam menjalankan program-program yang ada di setiap kampung atau desa.
    Sumber : beritakaltim.co

    Berita Terkait

    Platform Aduan ASN Terima 77 Aduan, Paling Banyak Soal Intoleransi

    Portal untuk mengadukan Aparatur Sipil Negara (ASN) hasil kerjasama 11 Kementerian dan Lembaga, aduanasn.id yang diluncurkan dua pekan lalu, Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi Informatif. Didampingi Menteri Kominf Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2019

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik dengan kualifikasi Informatif. Didampingi Menteri Kominf Selengkapnya

    Jaga Persatuan Bangsa Lewat Komunikasi Positif

    Sebagai negara yang multikultur, agama dan etnis, Indonesia paling rawan terjadinya konflik berlatar Suku, ras dan agama (SARA). Komunikasi Selengkapnya