FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2019

    4750

    Berau Terima Bantuan Jaringan Internet dari Kominfo

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TANJUNG REDEB, beritakaltim.co- Kabupaten Berau mendapatkan bantuan jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Bantuan ini merupakan program Kominfo yaitu prioritas akses broadbrand.
     
    Ada 25 lokasi yang mendapatkan bantuan jaringan internet ini dan tersebar di Kecamatan Segah, Kelay, Maratua, Batu Putih, Biduk-biduk, Talisayan, Tabalar, Pulau Derawan, Biatan, Sambaliung, Gunung Tabur, Tanjung Redeb dan Pulau Derawan.
     
    Bantuan jaringan internet ini menjadi salah satu bagian pemerintah dalam memenuhi akses internet di seluruh kecamatan khususnya yang masuk dalam blank spot.
     
    Kepala Dinas Kominfo Berau, Drs. Susila Harjaka menyampaikan, usulan yang diajukan pihaknya dalam mendapatkan bantuan ini yaitu 39 lokasi. Namun yang disetujui hanya 25 lokasi saja setelah melalui beberapa pertimbangan. “Jadi syarat utama yang harus dipenuhi adalah energy listrik dan lahan seluas 2×2 meter sebagai lokasi penempatan alatnya,” ujarnya.
     
    Dijelaskannya, jaringan internet yang akan diberikan ini akan menggunakan akses langsung lewat satelit. Dengan bandwith sebesar 2 Mbps di setiap lokasi.
     
    “Internet yang akan digunakan nantinya tidak bayar dan bebas digunakan kapas saja tergantung dengan listrik di daerah itu. Yah kita harapkan ke depan ada bantuan untuk pemenuhan energy listriknya, sehingga alat ini bisa berjalan 24 jam,” jelasnya.
     
    Untuk lokasinya, Harjaka menegaskan bahwa fokus utama adalah sekolah, puskesmas dan kantor kepala kampung. Untuk sekolah, pertimbangannya adalah mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara puskesmas untuk pengurusan BPJS, dan kantor kepala kampung pemenuhan administrasi kampung, baik berupa pelaporan maupun hal lainnya.
     
    “Karena saat ini semuanya serba online, jadi pemenuhan jaringan internet ini sangat diperlukan. Dalam penggunaannya nanti, internet yang dipakai hanya dapat digunakan di sekitaran situ saja. Jarak sinyalnya tidak terlalu jauh. Kalau sebelumnya berupa tower telekomunikasi dari USO, sementara yang bantuan saat ini berupa parabola,” ujarnya.
     
    Harjaka menambahkan, bantuan ini merupakan program baru yang diluncurkan oleh Kominfo. Dengan adanya bantuan jaringan internet ini bakal mempermudah dalam menjalankan program-program yang ada di setiap kampung atau desa.
    Sumber : beritakaltim.co

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA