FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2019

    63

    [DISINFORMASI] Sungai di Rejoso Binangun Tercemar Limbah Pabrik Gula

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:

    Beredar di media sosial Facebook gambar sebuah pipa pembuangan yang mengeluarkan cairan berwarna gelap  diduga berasal dari PT Rejoso Manis Indo (RMI). Pada postingan tersebut juga diberi narasi menggunakan bahasa jawa yang berarti "Menyetrum ikan dihukum, memberikan obat juga dihukum... Kali disiram limbah pabrik ikan pada mati kok dibiarkan saja ya"

    Faktanya PT RMI menyampaikan klarifikasi bahwa informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta dan dapat menjatuhkan citra perusahaan. Deputi Proyek Manager PT RMI, Putut Hendaruji mengklaim bahwa pabriknya telah memiliki sistem pengolahan limbah berstandar tinggi untuk memastikan limbah yang dibuang tidak mencemari lingkungan, ia juga mengatakan limbah tersebut sudah ada jalurnya ke pengolahan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Namun, Putut juga mengakui sejak mulai beroperasi pada 22 Agustus lalu pabrik masih pada tahap uji coba, dimana pada tahap awal uji coba tidak mungkin jika tidak ada kebocoran. Meski demikian foto yang tersebar di Facebook tersebut bukan berasal dari kebocoran yang dimaksud.

    Link Counter:

    https://jatim.suara.com/read/2019/09/16/165616/belum-sebulan-beroperasi-pabrik-gula-di-blitar-dituduh-mencemarkan-sungai

    https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4710989/diduga-cemari-sungai-lemon-ini-klarifikasi-pabrik-gula-pt-rmi

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Dapat Kursi Menteri Sandi Masuk Gerindra Lagi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Dilarang Ada Demo Saat Pelantikan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Begadang Bikin Tubuh Sulit Melakukan Detoksifikasi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis untuk Pemuda

    Selengkapnya