FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2019

    1183

    [DISINFORMASI] Freeport Memberikan Jatah Saham kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:

    Beredar luas di media sosial Informasi yang menyebut Freeport memberikan jatah saham sebesar 11% untuk Presiden Jokowi dan 9% untuk Wakil Presiden Jusuf Kalla. Narasi itu pertama kali diunggah oleh sebuah akun yang dilengkapi dengan sebuah video berjudul “Presdir Freeport Bersaksi: Sidang Mendengarkan Kesaksian Perekam Perbincangan” yang berlogo KompasTV.

    Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Pemeriksaan fakta terkait isu tersebut menunjukkan bahwa unggahan akun yang telah dishare sebanyak 4 ribu kali tersebut memang menggunakan video yang benar, akan tapi dibubuhi narasi yang  keliru dan mengarahkan pada tafsir yang salah. Adapun tim cekfakta.tempo.co menyimpulkan, Konteks pernyataan Presdir Freeport Indonesia terkait saham 11% untuk presiden dan 9% untuk wakil presiden adalah permintaan yang dilontarkan oleh Ketua DPR saat itu, yakni Setya Novanto. Hal itu kemudian membuat Setya terseret kasus pencatutan nama Presiden Jokowi dalam perpanjangan kontrak Freeport Indonesia atau yang lebih dikenal dengan kasus Papa Minta Saham.

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/402/fakta-atau-hoaks-benarkah-freeport-memberikan-jatah-saham-kepada-presiden-jokowi-dan-wakil-presiden-jusuf-kalla?

    Berita Terkait

    [HOAKS] Prabowo-Gibran Diputuskan Tidak Boleh Jadi Presiden dan Wakil Presiden oleh Mahkamah Internasional

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Sri Mulyani Buka Kartu Presiden Joko Widodo

    Selengkapnya

    [HOAKS] Puan Maharani Bacakan Hak Angket Pemakzulan Presiden Joko Widodo

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Resmi Dilantik Menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Tanggal 24 Februari 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA