FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2019

    101

    [DISINFORMASI] Freeport Memberikan Jatah Saham kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:

    Beredar luas di media sosial Informasi yang menyebut Freeport memberikan jatah saham sebesar 11% untuk Presiden Jokowi dan 9% untuk Wakil Presiden Jusuf Kalla. Narasi itu pertama kali diunggah oleh sebuah akun yang dilengkapi dengan sebuah video berjudul “Presdir Freeport Bersaksi: Sidang Mendengarkan Kesaksian Perekam Perbincangan” yang berlogo KompasTV.

    Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Pemeriksaan fakta terkait isu tersebut menunjukkan bahwa unggahan akun yang telah dishare sebanyak 4 ribu kali tersebut memang menggunakan video yang benar, akan tapi dibubuhi narasi yang  keliru dan mengarahkan pada tafsir yang salah. Adapun tim cekfakta.tempo.co menyimpulkan, Konteks pernyataan Presdir Freeport Indonesia terkait saham 11% untuk presiden dan 9% untuk wakil presiden adalah permintaan yang dilontarkan oleh Ketua DPR saat itu, yakni Setya Novanto. Hal itu kemudian membuat Setya terseret kasus pencatutan nama Presiden Jokowi dalam perpanjangan kontrak Freeport Indonesia atau yang lebih dikenal dengan kasus Papa Minta Saham.

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/402/fakta-atau-hoaks-benarkah-freeport-memberikan-jatah-saham-kepada-presiden-jokowi-dan-wakil-presiden-jusuf-kalla?

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Bersepeda Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Kanker Prostat

    Selengkapnya

    [HOAKS] Foto Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia Tidak Mengakui Jokowi-Ma'ruf Sebagai Presiden dan Wakil Presiden

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Jembatan Darurat Dibangun Dalam Waktu 24 Jam di Jepang

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ikan Mati Mendadak Terkait Gempa di Maluku

    Selengkapnya