FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 09-2019

    107

    [DISINFORMASI] Ungkapan Hati BJ Habibie Soal Akhirat

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar postingan di media sosial sebuah tulisan yang diklaim sebagai tulisan terakhir Presiden Ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie). Tulisan tersebut berjudul "Kalaulah Sempat" yang mengulik perihal kehidupan setelah kematian. Dalam postingan yang beredar, dituliskan juga di awal pesan sebuah kutipan pernyataan yang diklaim sebagai pernyataan BJ Habibie ketika berpidato di Kairo.

    Setelah ditelusuri, diketahui bahwa isi pesan tersebut bukan ditulis oleh BJ Habibie. Tulisan tersebut merupakan hasil tulisan dari Henmaidi Alfian, seorang Motivator. Dalam akun Facebook pribadinya, ia menyatakan bahwa tulisan viral yang beredar mengatasnamakan BJ Habibie merupakan tulisannya.

    Selain itu, perihal kutipan pernyataan Habibie yang disematkan di awal pesan tersebut juga kurang tepat. Pada video berjudul “Ceramah Umum BJ Habibie di Cairo” yang diunggah pada 6 Juni 2011, pernyataan Habibie tidak seperti yang ada dalam kalimat pembuka pesan tersebut. Pada menit 10.27 hingga 11.18, pernyataan Habibie ialah mengenai pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan Iman dan Taqwa (Imtaq) seimbang dalam diri manusia.

    Link Counter :

    https://www.facebook.com/henmaidi.alfian/posts/10214900686092049

    https://turnbackhoax.id/2019/09/13/salah-ungkapan-hati-bj-habibie-soal-akhirat/

    https://www.youtube.com/watch?time_continue=23&v=N4EfOWI7QMU

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Begadang Bikin Tubuh Sulit Melakukan Detoksifikasi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis untuk Pemuda

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Server BMKG Diretas

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Gaya Sholat Islam Nusantara

    Selengkapnya