FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2019

    1720

    Aktivitas Sosial Masyarakat di Papua dan Papua Barat Sudah Berjalan Normal

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo -  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto pastikan kondisi terkini Papua dan Papua Barat berangsur-angsur membaik atau dalam situasi kondusif meski masih ada beberapa permasalahan.

    “Per 9 September, laporan yang kita terima, seluruh kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat aman, kondusif. Aktivitas sosial kemasyarakat berjalan normal. Namun masih ada provokasi, masih ada selebaran2 gelap untuk mendorong, menghasut masyarakat melaksanakan unjuk rasa susulan,” jelas Menko Polhukam sebelum mengelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam, Senin (9/9/2019).

    Menko Polhukam menjelaskan bahwa beberapa pejabat juga sudah memberikan laporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang perkembangan terakhir di Papua dan Papua Barat

    “Petunjuk presiden sangat jelas bahwa kondisi yang sangat baik, kondusif ini terus dipertahankan. Lalu beliau juga konsen tentang adanya masalah eksodus dari pelajar, mahasiswa Papua-Papua Barat yang sedang belajar di luar Papua-Papua Barat atau daerah lain di Indonesia, ini juga nanti kita bahas merupakan perhatian kita bersama,” ungkap Menko Polhukam.

    Selain itu, para pelaku yang melakukan provokasi juga sudah dipastikan karena telah mengorganisir unjuk rasa, kerusuhan, dan perusakan. “Ini ada suartu konspirasi yang ada di luar, yakni Beni Wenda CS yang ada di sana, yakni terus memprovokasi, telah memberikan informasi-informasi yang tidak benar dengan ada kekuatan di dalam, unsur KNPB dan AMP, itu sudah sangat jelas sehingga kita sudah minta agar mereka menghentikan aktivitas itu, menghentikan utk memprovokasi, menghasut masyarakat papua-papua barat,” terang Menko Polhukam.

    Sedangkan untuk para pelajar, Menko Polhukam menyampaikan bahwa mahasiswa yang ekosodus dari daerah kembali ke papua, telah dilakukan suatu komunikasi dgn para orang tuanya. Tapi intinya, mereka kembali dari luar papua dan papua barat dengan biaya yang diberikan oleh orang tua mereka.

    “Alasannya adanya kekhawatiran adanya tekanan, perlakuan yg sewenang-wenang dari masyarakat sekitarnya terhadap anak-anak Papua – Papua barat yang sedang belajar, nah ini isu nya, isu yg digulirkan yang sampai kepada para orang tua di sana,” terangnya.

    Menurut Menko Polhukam kekhawatiran itu kemudian menarik anak-anakmereka kembali ke Papua, tetapi setelah dijelaskan, setelah disampaikan fakta-fakta sesungguhnya ternyata mereka menyesal kembali ke sana, kembali ke Papua dan Papua barat.

    “Karena ternyata isu itu tidak benar, ya namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka sehingga mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, ke asrama tempat mereka belajar sebelum di tarik ke Papua – Papua barat,” paparnya.

    Sumber

    Berita Terkait

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Pemerintah Jadikan IPDN Kampus Pencetak Birokrat Berwawasan Digital

    IPDN memainkan peran vital sebagai pencetak birokrat berwawasan digital yang menguasai teknologi. Selengkapnya

    Lewat Digitalisasi, Pemerintah Perkuat Pengawasan dan Berantas Korupsi

    Menteri Anas menyampaikan bahwa tidak ada cara yang lebih cepat untuk melipatgandakan pencapaian sebuah negara dan mendorong pelayanan masya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA