FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2019

    1548

    Ini Wujud Hologram Menkominfo Rudiantara saat Tes 5G di Surabaya

    Kategori Sorotan Media | meit001

    SURABAYA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara muncul dalam proyeksi hologram dalam uji coba 5G 3 Indonesia di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, hari ini (5/9/2019). Ia mengungkapkan jika penerapan teknologi baru mampu membantu anak muda Indonesia yang menembus batas prestasi.

    Teknologi hologram dengan konektivitas 5G ini bisa menjadi contoh untuk pembelajaran jarak jauh. Pasalnya, seseorang yang berada jauh dapat hadir di tempat tersebut. Rudiantara sendiri berada di Jakarta dan uji coba 5G dilakukan di kampus ITS Surabaya, jaraknya mencapai 785 km.

     Menurutnya, jarak merupakan tantangan yang sangat besar di Indonesia. Oleh karena itu penerapan teknologi untuk dapat melampaui jarak menjadi penting.

    "Saya mengapresiasi 3 Indonesia dan ITS beserta mitra penyelenggara lainnya, karena telah membantu Indonesia satu langkah lebih dekat ke impian bersama, yaitu menciptakan SDM unggul," kata Rudiantara.

    Rudiantara mengatakan jika jaringan 5G merupakan internet yang sangat cepat dan tidak lagi buffering. Pemerintah juga, lanjut Rudiantara mendorong uji coba 5G, selain itu memberikan insentif untuk memberikan uji coba di bidang baru.

    "Maka BHP frekuensinya nol atau tidak bayar. Karena ingin mendapatkan teknologi baru. Selanjutnya, ekosistemnya juga harus dikembangkan salah satunya juga frekuensi. Paling ideal itu untuk jaringan 5G yakni 3,5 GHz tapi masih dipakai satelit. Tapi selama menunggu bisa menggunakan frekuensi lainnya untuk mendapatkan aplikasi lainnya. Seperti sekarang menggunakan hologram, ini bisa pakai 5G. Jaringan 5G memberikan kecepatan 10 kali lipat," lanjut Rudiantara.

    Uji coba 5G 3 Indonesia menggunakan spektrum 28GHz yang dipinjamkan oleh Kominfo. Kemudian dilakukan dalam live system end to end yang menggunakan frekuensi milimetre wave untuk 5G gNB radio, 80GHz untuk E-Band transpot, NSA3x untuk 5G Core network di Semarang, HSS, PCRF, dan VoLTE IMS di Jakarta, dan perangkat 5G.

    Sumber : www.okezone.com

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Umumkan Lima Juru Bicara Vaksin Covid-19. Siapa Saja?

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan lima juru bicara baru untuk penanganan Covid-19. Penunjukkan jur Selengkapnya

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA