FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2019

    2203

    Menkominfo: Gunakan Medsos Sesuai Kaidah Budaya Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara di acara Indonesia Writers Festival 2019 oleh IDN Times di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Jum'at (06/09/2019). - (AYH)

    Tangerang, Kominfo - Ekosistem digital memberikan dampak positif dan negatif yang seringkali ditemukan di berbagai platform media sosial. Menyoal hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara senantiasa mengajak semua kalangan menggunakan media sosial dengan bijak. 

    Menurut Menteri Rudiantara, menjadi penting untuk membedakan kaidah penulisan antara menulis secara ilmiah, dan hanya sebatas di media sosial. Sebab, menulis di media sosial terkadang kurang mencerminkan budaya Indonesia.  

    "Kita tidak bisa expect mengikuti kaidah penulisan yang profesional, tapi yang diadakan disini (IDN Times) adalah bukan hanya menulis di media sosial yang karakteristiknya hanya terbatas. Saya apresiasi," kata Menteri Rudiantara dalam acara Indonesia Writers Festival 2019 oleh IDN Times di Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Jum'at (06/09/2019).

    Menteri Kominfo melihat sebagian pengguna media sosial atau netizen Indonesia, ketika membuat postingan atau unggahan status tidak lagi mencerminkan adab dan budaya sebagai bangsa yang beragam. 

    "Konsen kita itu sebetulnya di media sosial sudah gak ada tatakrama, gak ada adab, gak ada budaya, kadang udah gak tau ini sebetulnya orangnya siapa yang menulis," jelas Rudiantara. 

    Menteri Rudiantara menambahkan, kegiatan seperti yang dilakukan ekosistem dari IDM Times ini, menjadi salah satu bentuk kampanye berliterasi dengan baik di media sosial.  Menurutnya, kegiatan yang berhubungan dengan literasi atau dunia tulis menulis menjadi penting, terutama di lingkungan akademik. 

    "Saya mengapresiasi karena menulis itu tidak mudah, dia memainkan otak kanan dan otak kiri, ada imajinasi ada penulisan. Penulisan harus terstruktur, tapi membuat suatu karya tulis itu harus komprehensif. Artinya harus mempunyai imajinasi," pungkasnya **

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA