FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 09-2019

    190

    Komitmen Kominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur TIK

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Yogyakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan komitmen Kementerian Kominfo untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK). Hal itu menurut Menteri Rudiantara dilakukan agar dapat mengejar ketertinggalan peringat TIK Indonesia di kawasan ASEAN.

    “Kita kurang banyak membangun (infrastruktur TIK) sebelum-sebelumnya nah ini harus dipercepat, lebih banyak lagi sehingga gap infrastrukturnya dari sisi teknologi dan digitalnya akan menyempit,” kata Rudiantara dalam acara IDX-RHB Investor Summit 2019 di Yogyakarta, Rabu (04/09/2019) sore. 

    Menteri Kominfo mengatakan peringkat infrastruktur TIK Indonesia saat ini menempati urutan keempat setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah Indonesia, disusul Vietnam dan Philipina.

     “Kalau di Yogyakarta tidak ada masalah karena Yogyakarta dengan Kuala Lumpur mungkin tidak berbeda. Jakarta dengan Singapura juga tidak beda. Tetapi Indonesia kan tidak hanya Yogyakarta dan Jakarta saja, banyak kota-kota lain di pulau-pulau sebelah timur Indonesia,” jelas Menteri Kominfo. 

    Menteri Kominfo menyebutkan langkah Pemeritah untuk menutup kesenjangan infrastruktur telekomunikasi sekaligus mendukung perluasan akses digital di Indonesia, pemerintah mengebut proyek pemembangun infrastruktur kabel optik Palapa Ring di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia. 

    Perluasan akses digital, kata dia, juga diperlukan seiring peningkatan masyarakat kelas menengah (consuming class) di Indonesia yang dalam waktu bersamaan akan berdampak bertambahnya lapangan pekerjaan baru di bidang digital.

    “Kelas menengah kita akan bertambah, sekarang mungkin sekitar 50 jutaan tapi dalam 10 tahun ke depan akan bisa mencapai 140 sampai 150 juta dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 5-6 persen seperti sekarang,” kata Rudiantara.

    Menteri Kominfo Rudiantara sebagai keynote speaker dalam sesi “Digitalizing Indonesia’s Growing Middle Class”. Selain itu, beberapa unicorn startup memberikan variasi pandangan tentang ekosistem startup Indonesia. Presiden Direktur Go-Jek Andre Soelistyo, Chief Strategic Officer Bukalapak Teddy Oetomo dan CEO Link Aja Danu Wicaksana menjadi panelis diskusi tentang dampak besar startup bagi pelanggan dan pasar di Indonesia. 

    Penyelenggaraan IDX-RHB Investment Summit 2019 yang bertujuan untuk mempromosikan Pasar Modal Indonesia kepada investor lokal maupun global (Singapura dan Malaysia), dengan memberikan kesempatan untuk bertemu antara investor dan high net-worth individuals dengan pembuat kebijakan tingkat tinggi, pakar industri, dan thought leaders.

    Berita Terkait

    Tol Langit Rampung, Kominfo Ajak Operator Ciptakan Akses Komunikasi

    Pemerintah telah menuntaskan pembangunan tol langit. Jaringan internet cepat yang menghubungkan dari Merauke di kawasan Timur sampai ke Saba Selengkapnya

    Di UI, Menkominfo Bicara Pentingnya 'SDM Digital' dan Prodi Logistik

    Perguruan Tinggi dinilai punya andil besar dalam melahirkan SDM Unggul, khususnya di sektor ekonomi digital. Mereka inilah yang nanti bakal Selengkapnya

    Cerita Riska Jadi Menkominfo Sehari: Dari Sambutan hingga Temui Wapres JK

    Maria Paskalia Wulandike Making yang akrab disapa Riska, berkesempatan menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika. Dia menggantikan Rudianta Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Gunakan Hak untuk Tahu

    Setiap warga negara berhak untuk tahu atas informasi dari setiap badan publik. Masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi dari instansi t Selengkapnya