FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 09-2019

    365

    Permudah Birokrasi, Pemerintah Andalkan SiCANTIK Cloud

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Suara.com - "Salah satu arahan dari Presiden Jokowi yang meminta agar sistem perizinan lebih sederhana dan mudah. Peningkatan kualitas layanan di bidang perizinan sangat penting untuk dilakukan karena pembangunan infrastruktur membutuhkan banyak investasi yang masuk. Indonesia sedang membangun dan pembangunan ini banyak sekali membutuhkan investasi," ujarnya dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pemanfaatan SiCANTIK Cloud Kantor Kominfo Jakarta, belum lama ini.

    Menurut Dirjen Aptika, aplikasi lokal ini diharapkan mampu mempercepat penyelenggaraan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerah dapat mendukung implementasi Sistem One Single Submission (OSS).

    "SiCANTIK Cloud adalah sebuah aplikasi yang berbasis cloud sehingga dapat diakses dari mana pun. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk segala bentuk perizinan, mudah digunakan, dan dapat disesuaikan dengan peraturan daerah setempat," imbuhnya.

    Semuel menjelaskan, beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini sudah terhubung dengan layanan OSS dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain itu aplikasi dapat dimonitor oleh Kementerian Dalam Negeri. 

    "Dapat diaudit oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan dapat menerima pembayaran secara online baik melalui bank daerah atau berbagai fintech yang populer di masyarakat," ungkap Dirjen Aptika.

    Menurut Dirjen Semuel, dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk memudahkan masyarakat mengajukan perizinan yang terhubung dengan aplikasi SiCANTIK Cloud.

    Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM, Husen Maulana mengapresiasi Kementerian Kominfo yang telah menyelenggarakan acara ini dan berharap implementasi OSS secara nasional bisa terselenggara dengan baik.

    Sebagai informasi, SiCANTIK CLOUD merupakan akronim dari Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik yang merupakan aplikasi pemenuhan komitmen perizinan di PTSP Daerah.

    Sumber : suara.com

    Berita Terkait

    1.000 Mesin Pintar Memaksimalkan PSBB di Area Rawan Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mesin belanja digital untuk mengurangi kontak langsung untuk memaksimalkan penerapan pembat Selengkapnya

    Menyingkap Buku soal Humas Pemerintah yang Ditulis Bupati Magetan

    Kemenkominfo menggelar bazar dan bedah buku karya Bupati Magetan, Suprawoto. Buku tersebut berjudul Government Public Relations. Selengkapnya

    Upaya Pemerintah Pusat Turunkan Stunting, Tanggamus Jadi Prioritas

    Kasub Direktorat Informasi dan Komunikasi Sosial, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementrian Kominfo Selengkapnya

    Pascademo Mahasiswa, Kemenkominfo Temukan 270 Ribu Hoaks

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendata ada sebanyak 270 ribu U Selengkapnya