FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 09-2019

    1072

    Peserta Membludak Ikut Ignite The Nation Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Guna membangun kesadaran tentang betapa pentingnya startup ecosystem dan dampak startup terhadap pertumbuhan ekonomi, maka diselenggarakan Ignite The Nation, yang merupakan tahapan awal Gerakan nasional 1.000 Startup Digital yang digelar di Kota Medan, Sabtu (31/8/2019).

     

    Gerakan nasional 1.000 Startup Digital bertajuk Bagaimana membangun startup untuk mengubah masalah menjadi peluang ini diikuti 1100 peserta tidak hanya kalangan mahasiswa, namun juga masyarakat umum.

     

    Regional Head Coordinator Medan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Imam Akbar mengatakan kegiatan Ignite The Nation yang dipromotori Kementerian Kominfo ini berjalan sukses. Kegiatan ini mendapat respon antusias yang baik sebab program yang bertujuan untuk menciptakan dan mencetak startup-startup yang berkualitas ini, diikuti lebih dari 1000 peserta."Target kita 1.000 peserta, udah sampai di hari ini malah yang daftar online 1100 jadi acaranya cukup sukses,"ujar Imam.

     

    Dijelaskannya, acara Ignite The Nation Gerakan nasional 1.000 Startup Digital ini menghadirkan sejumlah panelis yang memang sudah punya pengalaman dalam segala hal, dan berjuang dalam membangun dan mengelola startup.

     

    "Jadi hari ini, bukan hanya seminar saja. Sebab 1.000 peserta akan dibagi 20 sampai 25 tim, sesuai dengan bidang startup yang mau dibangun. Misalnya mau bangun agriculture, dia akan digabung bersama orang-orang yang akan membangun agricultre. Kemudian, setelah acara hari ini, pada pertengahan September akan diadakan workshop dan hacksprint," katanya.

     

    Imam mengatakan program yang akan berjalan hingga November ini, dilakukan seleksi dan peserta akan mengerucut dari 1.000 orang menjadi 200 orang. Selanjutnya, 100 orang hingga menjadi 50 peserta saja. Kemudian para peserta tersebut akan mengikuti fase inkubator.

     

    "Jadi diinkubator itu para peserta akan dibina, dimentoring oleh fasilitator lokal mentor dan nasional mentor, bagaimana membangun startup yang benar. Bagaimana startup yang punya survive bisnisnya dan bisa menjadi unicorn-unicorn berikutnya," ujar Imam.

     

    Ignite The Nation Gerakan nasional 1000 Startup Digital ini menghadirkan sejumlah panelis. Dimana tiga diantaranya, speaker nasional masing-masing, Founder Warung Pintar, Sofyan Hadiwijaya, CEO & Founder Thisable Enterprise, Angkie Yudistia dan Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita Indreswari. Selain itu, juga ada fanelis startup lokal seperti Erlinda, Co Founder Invita yang sukses dibidang entertaiment dan Yosephine Sembiring, yang membantu petani lewat Startup Pak Tani Digital.

     

    Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Sadjan, usai membuka Ignite The Nation Gerakan nasional 1000 Startup Digital yang digelar di gedung Politekhnik Wilmar Bisnis Indonesia, mengatakan program 1000 startup digital ini merupakan bentuk kampanye kepada anak-anak muda di seluruh NKRI agar menjadi generasi yang siap menghadapi era digital.

     

    Ignite The Nation ini kata Sadjan sudah digelar di enam kota di Indonesia yakni Jogjakarta, Malang, Bandung, Semarang, Medan, Makassar dan mendapat respon yang sangat antusias.

     

    "Respon millenial dari enam kota ini cukup sangat antusias. Sebelumnya kita tidak membayangkan akan hadir anak-anak muda yang begitu massif. Seperti di Jakarta itu hampir 10 ribu peserta. Ditiap-tiap kota kita target 1000 peserta, ternyata di Kota Medan dan sekitarnya juga lebih dari 1000 peserta,"ucapnya.

     

    Dikatakannya, antusias peserta ini menunjukkan SDM yang siap secara prilaku untuk menghadapi era digital ini. Apalagi era digital ini menjadi satu keniscayaan yang akan dihadapi. "Jadi generasi milenial itu, dipandang bukan dari umurnya lagi, namun dari prilaku dan pola pikir," ujar 
    Sadjan.

     

    Ia berharap gerakan ini akan berjalan terus menerus. Oleh karenanya, menjadi tanggungjawab bersama untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan generasi muda di seluruh Indonesia agar siap mengantisipasi era digital.


    Sementara Walikota Medan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Medan, Wirya Al Rahman, menyambut baik program Gerakan nasional 1000 Startup Digital yang dipromotori Kementerian Kominfo.

     

    "Ini sangat baik. Kominfo membina dan membimbing anak-anak muda yang berminat dengan bisnis-bisnis digital,"ujarnya.

     

    Ia berharap melalui program ini akan muncul startup-startup muda di Medan. Dengan menjadi enterpreneur, generasi muda setelah tamat kuliah tidak lagi untuk mencari kerja, tapi membuka lapangan kerja. "Kita sangat mensupport kegiatan ini,"katanya.

     

    Sumber : tribunnews.com

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Peserta IoT Makers Creation Berhasil Ciptakan Inovasi & Solusi di Tengah Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengapresiasi inovasi dan solusi lokal yang dikembangkan oleh peserta Internet of Thin Selengkapnya

    Gernas 1.000 Startup Dibuat Lebih Fleksibel

    Gerakan Nasional (Gernas) 1.000 Start-up Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerapkan format Selengkapnya

    Pemerintah Percepat Digitalisasi Televisi Nasional

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saat ini tengah mengupayakan percepatan digitalisasi nasional, salah satunya digitalisas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA