FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 09-2019

    236

    Papua dan Papua Barat Sudah Normal, Menko Polhukam: Pasti Internet Dibuka!

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Menko Polhukam Wiranto (tengah) bernyanyi ketika menghadiri acara Yospan Papua saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/9/2019). Kegiatan yang digelar oleh masyarakat Papua yang tinggal di Jakarta itu untuk memperkenalkan kebudayaan Papua dalam seni tari dan musik serta untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa kondisi di Papua dan Papua Barat kini sudah kondusif. Berdasarkan laporan yang diterima, kini kehidupan sudah mulai berjalan normal. Menko Wiranto memastikan akan segera membuka akses internet.

    “Hari ini kita sangat bersyukur, kita mendengar saudara-saudara kita di Papua dan Papua Barat sana sudah damai, sudah tenang, kehidupan mulai berjalan lagi, toko-toko sudah mulai buka. Kita bersyukur dan terima kasih kepada teman-teman di Papua dan Papua Barat bahwa tidak perlu berkelahi, tidak perlu anarki, bakar-bakaran, bakar makanan boleh, bakar batu boleh tetapi jangan bakar gedung,” ujar Menko Polhukam Wiranto dalam acara Yospan Papua di car free day di HI, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

    “Kita bersyukur atas inisiatif Pak Freddy Numberi dan kawan-kawan, Pak Kapolda, Pangdam. Kita semua mencoba menyiarkan, mengabarkan kepada semua masyarakat di seluruh Indonesia bahwa kita semua bersaudara, kita menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan semangat ini terus menyebar sehingga kita segera mendinginkan suasana, kembali kita bersatu padu sebagai bangsa,” sambungnya.

    Menko Polhukam juga memastikan akan segera membuka akses internet. Selain itu, aparat juga akan ditarik jika suasana sudah kondusif.

    “Pasti dibuka (internet). Kalau sudah damai untuk apa kita blokir medsos, untuk apa aparat keamanan ribut-ribut atau ramai ke sana. Tapi tunggu dulu (waktunya) karena ini baru mulai tenang,” kata Menko Polhukam Wiranto.

    Sementara itu, Ketua Panitia acara Yospan Papua, Frans Ansanay mengatakan sebagai masyarakat Papua yang memiliki keluarga gado yaitu Jawa, Sunda, Betawi dan sebagainya, ia merasa aman tidak ada masalah hidup di Jakarta. “Kami ingin mengajak masyarakat Jakarta menikmati Yospan. Yospan merupakan acara kebudayaan, sehingga adanya kebersamaan dan persatuan. Kami warga negara Indonesia yang siap membangun bersama-sama untuk kejayaan NKRI,” katanya.

    Tokoh masyarakat Papua, Freddy Numberi mengatakan bahwa dengan acara ini membuktikan bahwa semua masyarakat bersatu, Indonesia tetap jaya.

    “Kita rangkul bersama-sama menuju Indonesia baru, Indonesia yang utuh dan lebih sejahtera,” kata Freddy Numberi.

    Dalam acara tersebut, Menko Polhukam menyanyikan lagu asli Papua yaitu Apuse dan Indonesia Pusaka. Hadir dalam acara tersebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, dan Deputi Bidang Kominfotur Kemenko Polhukam Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo.

    Berita Terkait

    Ingin Papua Normal, Presiden Perintahkan Pasar Wouma Wamena Direhabilitasi dalam 2 Minggu

    Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri mengunjungi Pasar Wouma, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (28/10/2019) pagi. Selengkapnya

    Tambah Wawasan Pegawai, Kemenko Polhukam Gelar Workshop 5G, AI, dan Big Data

    Kedeputian VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Bidkoor Kominfotur) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Selengkapnya

    Pemerintah Ajak Seluruh Masyarakat di Papua Bersatu Sebagai Bangsa Indonesia

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto kembali meminta seluruh masyarakat di Papua untuk bersama-sama bersatu sebaga Selengkapnya

    Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jangka Menengah untuk Indonesia Maju

    Infrastruktur yang maju dan berkualitas dibutuhkan untuk mengurangi biaya logistik, mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Indonesia, Selengkapnya