FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2019

    1435

    Balmon Banjarmasin Gelar Sosialisasi Nelayan Sadar Frekuensi

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Tanah Bumbu, Kominfo -  Kementerian Kominfo terus menggelar sosialisasi untuk memanfaatkan frekuensi radio dengan bijak. Bertema Nelayan Sadar Frekuensi, Balai Monitor Kelas II Banjarmasin Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika mendorong peningkatan pemahaman mengenai perizinan dan tata cara berkomunikasi ketika terjadi marabahaya.

    “Diharapkan para nelayan mampu memahami peraturan serta proses perizinan frekuensi radio, serta prosedur dan tata cara berkomunikasi untuk marabahaya,” kata Kepala Balmon Banjarmasin Mujiyo di sela-sela kegiatan hasil kerjasama dengan Dinas Perikanan setempat dan Kantor Pelabuhan Perikanan Batulicin di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (29/8/2019).

    Menurut Mujiyo, tema Nelayan Sadar Frekuensi diangkat berdasar adanya laporan gangguan frekuensi penerbangan dan informasi nelayan yang hilang saat melaut. "Diseminasi informasi kepada para nelayan sebagai sarana edukasi pentingnya penggunaan perangkat radio maritim yang nantinya diharapkan akan mengurangi gangguan frekuensi radio pada dinas penerbangan," jelasnya.

    Selain itu, Kepala Balmon Banjarmasin, Mujiyo menjelaskan alternatif bagi nelayan untuk keperluan komunikasi radio bisa menggunakan alokasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), baik pada band VHF maupun HF. "Ini terutama bagi nelayan yang melakukan kegiatan one day fishing," tandasnya.

    Selama ini, nelayan menggunakan frekuensi untuk alokasi VHF Amatir Radio dan frekuensi HF SSB. Melaljui sosialisasi itu, nelayan dibimbing beralih menggunakan frekuensi radio alokasi RAPI. "Para nelayan diajak untuk memanfaatkan, mengetahui tata cara berkomunikasi dalam kondisi kemarabahayaan misalnya distress, urgent, medical and safety," jelasnya.

    Dalam kegiatan sosialiasi Nelayan Sadar Frekuensi, Balmon Banjarmasin juga memberikan informasi dan pelatihan secara insentif dan bersifat praktikal mengenai tata cara pengajuan perizinan online bagi para nelayan.

    Berita Terkait

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Terapkan Transformasi Jabatan Fungsional, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Reformasi birokrasi yang dijalankan saat ini sesuai dengan arahan Presiden agar birokrasi berdampak langsung ke masyarakat. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Bakohumas dan Diskominfo Sosialisasikan Keketuaan ASEAN 2023

    Kerja sama itu akan diwadahi dalam Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA