FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2019

    4999

    Kesepakatan Bersama Pemanfaatan SICANTIK Cloud di PTSP

    SIARAN PERS NO. 164/HM/KOMINFO/08/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 164/HM/KOMINFO/08/2019
    Jumat, 30 Agustus 2019
    Tentang
    Kesepakatan Bersama Pemanfaatan SiCANTIK Cloud di PTSP untuk
    Mendukung Implementasi Sistem Online Single Submission (OSS)

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Penanaman Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) sepakat untuk memanfaatkan SiCANTIK Cloud sebagai aplikasi umum dalam penyelenggaraan perizinan terpadu satu pintu di daerah guna mendukung Implementasi Sistem Online Single Submission (OSS).

    “Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) merupakan sistem terintegrasi pengajuan izin berusaha secara nasional. Layanan itu ditujukan untuk mempermudah investor mengakses layanan perizinan pemerintah tanpa harus mendatangi berbagai Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu(PTSP) Pemerintah, baik di pusat maupun daerah untuk mengurus izin yang dibutuhkan,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Samuel Abrijani Pengerapan dalam sambutannya Acara Kesepakatan Bersama di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (30/08/2019). 

    Melalui integrasi OSS sebagai portal pengajuan izin berusaha secara nasional dan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (SiCANTIK Cloud) sebagai aplikasi pemenuhan komitmen perizinan di PTSP Daerah. “Kementerian Kominfo mendukung percepatan perizinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di PTSP Daerah,” tegas Dirjen Semuel.

    SiCANTIK Cloud dibangun dan dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika untuk mempermudah penyelenggaraan layanan perizinan dan non perizinan yang dilakukan oleh PTSP Daerah. SiCANTIK Cloud dirancang untuk menangani proses perizinan dan non-perizinan, mulai dari tahap permohonan sampai dengan penerbitan dokumen, dan pembuatan laporan eksekutif yang terintegrasi. 

    “Sampai saat ini, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo telah melakukan bimbingan teknis SiCANTIK Cloud untuk 356 daerah. Aplikasi itu telah digunakan di 100 daerah dan lebih dari 30.000 izin telah diterbitkan melalui SiCANTIK Cloud,” tutur Dirjen Aptika. 

    Kesepakatan Bersama ditandatangani oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bersama dengan Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal (BKPM), disaksikan oleh Sesditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Koordinator Wilayah VII Korsupgah KPK, Plt. Direktur Pengembangan Sistem Perizinan Berusaha BKPM, Direktur Layanan Aptika Pemerintahan Kominfo, serta para Kepala DPM-PTSP Daerah pengguna SICANTIK Cloud.

     

    Kemudahan SiCANTIK Cloud 

    Sejak diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Perizinan Berusaha dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2017 tentang PTSP Daerah, implementasi Pelayanan Secara Elektronik (PSE) wajib dilaksanakan di seluruh PTSP. 

    Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) yang didukung Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi terkait Peningkatan Pelayanan dan Kepatuhan Perizinan dan Penanaman Modal (Perpres Nomor 54 Tahun 2018), proses integrasi OSS dengan proses perizinan di daerah harus dilakukan agar proses perizinan berusaha dapat berjalan dalam satu siklus.

    Implementasi OSS dan SiCANTIK Cloud di PTSP Daerah juga diperkuat dengan Surat Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur Nomor 503/9533/SJ dan 503/4032/SJ, serta Surat Menteri Dalam Negeri kepada Bupati/Walikota Nomor 503/9534/SJ dan 503/4033/SJ yang meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas PTSP dalam rangka implementasi OSS. Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi terkait Peningkatan Pelayanan dan Kepatuhan Perizinan dan Penanaman Modal (Perpres Nomor 54 Tahun 2018) mengamanatkan penggunaan SiCANTIK Cloud dalam pelayanan perizinan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia pada tahun 2020.

    Saat ini SiCANTIK Cloud telah dikembangkan menjadi aplikasi berbasis Cloud, dimana PTSP dapat fokus pada peningkatan kualitas layanan, sedangkan infrastruktur aplikasi dikelola oleh Kementerian Kominfo. SiCANTIK Cloud dapat dikonfigurasi dengan mudah sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) layanan di daerah, tanpa harus melakukan coding. SiCANTIK Cloud juga telah mendukung penggunaan tanda tangan digital dengan sertifikat digital untuk mempercepat dan mempermudah pengesahan perizinan.

     

    Wujud Komitmen

    Kedua pejabat dari Kementerian Kominfo dan BKPM menandatangani kesepakatan di hadapan para undangan baik dari instansi pusat maupun Kepala DPM-PTSP tingkat provinsi dan kabupaten/kota pengguna SICANTIK Cloud untuk pelayanan perizinan dan non-perizinan di daerahnya.

    Berikut isi kesepakatan tersebut:

    Pada hari ini, Jumat tanggal 30 bulan Agustus tahun 2019, dalam rangka percepatan pelaksanaan berusaha yang transparan, akuntable dan terpercaya, kami berkomitmen untuk:

    1)    Mengoptimalkan percepatan pelaksanaan berusaha di Indonesia melalui pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik (OSS).

    2)    Memfasilitasi penggunaan OSS sebagai gerbang layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan.

    3)    Mewujudkan integrasi OSS dan SiCANTIK Cloud di DPM-PTSP daerah dalam rangka pemenuhan komitmen perizinan berusaha di OSS.

    4)    Mendorong penggunaan dan pemanfaatan SiCANTIK Cloud di daerah.

     

    Pemanfaatan SICANTIK Cloud ditargetkan dapat mempercepat Pelaksanaan Perizinan Berusaha secara online. Selain itu dapat meningkatkan pelayanan perizinan dan non-perizinan secara elektronik di PTSP daerah serta menjalankan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi terkait Peningkatan Pelayanan dan Kepatuhan Perizinan dan Penanaman Modal. 

    "Kesepakatan ini diharapkan bisa menjadi wujud komitmen dan dukungan implementasi OSS dengan aplikasi umum SiCANTIK Cloud. Kesepakatan sebagai bentuk komitmen dan dukungan mereka terhadap implementasi dan integrasi OSS dan SiCANTIK Cloud pada Layanan Perizinan Berusaha di DPM-PTSP Daerah,” tutur Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan. 

    Dalam acara ini, sebagai benchmarking implementasi SiCANTIK Cloud, Kepala Dinas DPM-PTSP Aceh Timur membagikan pengalamannya terkait strategi suksesnya dalam menyelenggarakan layanan perizinan dan non-perizinan di Aceh Timur dengan menggunakan SiCANTIK Cloud.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA