FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2019

    464

    Hoaks! PKI Usulkan Pemindahan Ibukota ke Kalimantan

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan rencana pemindahan Ibu Kota Negara Senin (26/08/2019). Ibu kota nantinya bakal berpusat di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

    Meskipun menuai pro-kontra, pemerintah optimis pemindahan Ibukota ke pulau Kalimantan itu merupakan langkah yang tepat.  Namun, tak lama setelah pengumuman itu muncul beberapa informasi hoaks.

    Seperti terdapat dalam konten unggahan di media sosial dengan narasi “PKI Usulkan Pemindahan 

    Ibu Kota ke Kalimantan".  Dalam unggahan itu juga terdapat narasi, di Kalimantan Diaspora Tiongkok punya jutaan hektar tanah. Dengan kepindahan itu, tanah milik Tiongkok itu naik harganya sampai 1000 kali lipat. Selepas itu kendali negara pindah ke OBOR atau One Belt One Road. 

    Mengenai informasi tersebut, Plt Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan, isu terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan merupakan usulan PKI adalah tidak benar. 

    "Pemindahan ibu kota ke Kalimantan merupakan keputusan Pemerintahsebagai langkah untuk mengurangi beban DKI Jakarta," kata Ferdinandus di Jakarta, Selasa (27/08/2019). 

    Berdasarkan informasi resmi dari Pemerintah, lanjut Ferdinandus, kondisi Jakarta saat ini sudah

    jenuh, dan sulit melakukan pengembangan karena keterbatasan lahan.  "Selain itu, tujuan lainnya adalah pemerataan pembangunan di Indonesia yang selama ini masih terpusat di Pulau Jawa," ujarnya.

    Adapun Kalimantan Timur dipilih, karena dinilai strategis, berada di tengah-tengah wilayah Indonesia dan minim risiko bencana seperti banjir, gempa bumi, dan tsunami. "Alasan lainnya juga, dukungan infrastruktur yang lebih lengkap serta adanya lahan pemerintah seluas 180.000 hektar," tambah Ferdinandus.

    "Jadi, tidak benar bahwa pemindahan Ibukota itu merupakan usulan PKI. Itu hoaks," imbuhnya.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 27 Agustus 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo. 

    1. PKI Usulkan Pemindahan Ibukota ke Kalimantan

    2. Minyak Sawit Merusak Hutan

    3. Pemerintah Indonesia Meminta Saudi Mencekal Habib Rizieq

    4. Siswa SD Di Lumajang Lolos Dari Penculikan

    5. Bank Mandiri Digugat Rp800 Triliun

    6. Sakit Leher Pertanda Kolesterol Tinggi

    7. Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Berhadapan dengan Hawa Panas dan Api

    8. Anggota Banser yang Mengaku Anggota TNI Diamankan Dandenpom Tangerang

    9. Jang Youn Cho Resmi Diangkat sebagai Rektor UNJ. **

    Berita Terkait

    Menkominfo Tegaskan Kaitan Penting Pelindungan Data dan Big Data

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan perlindungan data amat penting bagi sebuah bangsa. Tak hanya menyangkut sisi k Selengkapnya

    Balmon Manado Edukasi Pengusaha Pengguna Frekuensi Radio

    Guna mendorong pengurusan izin berbasis elektronik, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado Ditjen Sumber Daya dan Pera Selengkapnya

    Dirjen SDPPI Tegaskan Pengendalian IMEI untuk Lindungi Konsumen

    Pemerintah menyiapkan pengaturan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) agar masyarakat mendapat manfaat terkait kepast Selengkapnya

    Hoaks! MA Pastikan Jokowi Gagal Dilantik Jadi Presiden

    Beredar kabar di media sosial jika Presiden terpilih Joko Widodo gagal dilantik pada Oktober nanti. Kabar tersebut viral menyusul Keputusan Selengkapnya