FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2019

    1668

    Pemerintah Genjot Persiapan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Menko PMK Puan Maharani memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) PON dan Peparnas Papua 2020 di Jakarta, Jumat (23/8/2019). - (kemekopmk)

    Jakarta, Kominfo -   Menjelang penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2020, pemerintah telah melakukan serangkaian persiapan. Mulai penyediaan infrastruktur, penginapan atlet, konsumsi, kesehatan, hingga penyiapan moda transportasi.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjelaskan bahwa berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) 10 Tahun 2017, pemerintah telah menyelesaikan sebagian infrastruktur yang diperlukan termasuk venue. 

    "Untuk penyelenggaraan kegiatan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 kita juga sudah menyiapkan kuota sesuai SK KONI sebanyak 7.157 atlet serta sejumlah panitia, wasit/juri, hingga tenaga administrasi," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) PON dan Peparnas Papua 2020 di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

    Sementara itu, penginapan atlet masih dalam tahap perencanaan. Pemerintah Provinsi Papua akan menyiapkan dan memastikan akomodasi atlet standar bintang 3 (tiga) meliputi wilayah Biak, Jayawijaya, Mimika, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Merauke.

    "Untuk konsumsi selama event dihasilkan dari potensi tanah lokal Papua. Hal itu sesuai dengan kebijakan Gubernur Papua," tutur Puan.

    Di bidang kesehatan, dukungan pelayanan kesehatan sama dengan pelayanan kesehatan Asian Games 2018 dan pengendalian vektor penyakit oleh Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Transportasi yang dibutuhkan diperkirakan mencapai 754 unit dan disiapkan oleh Kementerian Perhubungan.

    Lebih lanjut, pemerintah pusat dan daerah telah melakukan sinkronisasi untuk penyediaan peralatan pertandingan. Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal ini menyiapkan anggaran sebesar Rp191 miliar.

    "Untuk keamanan, kami sudah berkoordinasi dengan TNI/Polri dan untuk teman-teman media kami juga akan menyediakan media center dan jaringan internet yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Kominfo," pungkas Puan.

    Namun secara keseluruhan, Menko PMK memastikan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 akan dilaksanakan pada 20 Oktober sampai 2 November 2020. Cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 47 cabang olahraga dan 69 disiplin/sub cabang olahraga dengan 768 nomor pertandingan.

    RTM PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Menteri Sosial, Kepala Bekraf, Kepala LKPP, Bupati Jayapura, serta beberapa perwakilan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terkait. 

    sumber

    Berita Terkait

    Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

    Menteri Yaqut berharap dengan hasil isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idulfitri bersama-sama dengan penuh sukacita. Selengkapnya

    Pemerintah Dukung Pembentukan Ekosistem Startup di Kawasan IKN

    Untuk memperkuat digitalisasi yang menjadi bagian penting dari ekosistem startup, Kemenparekraf telah mempersiapkan berbagai program yang di Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA