FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 08-2019

    190

    Kominfo Ingatkan Warganet agar Punya Kecakapan Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan internet dan era digital membuat orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama. Cukup menggunakanmedia sosial agar dapat saling terhubung satu sama lain.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan warganetagar tak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual ( IQ) saja untuk berinteraksi di internet, tapi juga harus memiliki kecakapan digital (DQ) supaya mendapat efek positif dan terhindar dari hal negatif.

    Hal tersebut diutarakan Staf Ahli Kementerian Kominfo Bidang KebijakanDigital, Dedy Permadi. Menurut dia, kecakapan digital atau Digital Quotient (DQ) dapat membuat pengguna siap berinteraksi di media sosial.

    Kecakapan digital dituntut untuk semakin baik. Dulu orang mengandalkan IQ, sekarang harus punya DQ juga," kata Dedy di sela-sela acara #Jagaprivasimu di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

    Ada beberapa hal yang harus dikuasai dalam memenuhi DQ, yaitu digital safety, digital use, digital identity, dan digital rights.

    Dedy mengatakan keempat hal tersebut juga sangat terkait dengan privasi.

    Tentang digital safety, menurut Dedy, pengguna harus sadar terhadap keamanan saat berselancar di dunia maya. Sementara digital use adalah pemahaman pengguna saat menggunakan serangkaian instrumen digital.

    Kemudian digital identity menurut Dedy adalah kesadaran pengguna dalam menjaga jejak digital agar tetap bersih. Sedangkan digital rights adalah pemahaman pengguna internet akan hak hak yang dimiliki ketika berada di dunia maya.

    "Ada beberapa area penting yang juga dapat memperkuat DQ, yaitu knowledge, skill, value dan attitude di dunia digital," kata Dedy.

    Dedy pun menekankan agar warganet dapat memenuhi hal hal tersebut, agar para pengguna internet di Indonesia dapat menjadi warga negara digital yang baik.

    "Ketika memiliki DQ yang bagus, kita sedang mendukung Indonesia untuk lebih bijak dalam berinternet," pungkas Dedy.

    sumber: kompas.com

    Berita Terkait

    Menkominfo Rudiantara Ajak Mahasiswa Adaptif di Era Digital

    Selengkapnya

    Pemkab Bekasi-Kemkominfo Akan Bangun Pusat Data Skala Internasional

    Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun pusat data berskala nasi Selengkapnya

    Kominfo Kampanyekan "Isi Piringku" Cegah Stunting

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak kalangan milenial di Kepulauan Aru untuk mengikuti forum sosialisasi "Genbest" yan Selengkapnya

    Kominfo Bangun Ekosistem Marketplace di Sentra UMKM

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gencar mendorong pelaku UMKM untuk segera mengenal marketplace. Lewat acara bertajuk “Gre Selengkapnya