FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 08-2019

    708

    Kominfo Ingatkan Warganet agar Punya Kecakapan Digital

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan internet dan era digital membuat orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama. Cukup menggunakanmedia sosial agar dapat saling terhubung satu sama lain.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan warganetagar tak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual ( IQ) saja untuk berinteraksi di internet, tapi juga harus memiliki kecakapan digital (DQ) supaya mendapat efek positif dan terhindar dari hal negatif.

    Hal tersebut diutarakan Staf Ahli Kementerian Kominfo Bidang KebijakanDigital, Dedy Permadi. Menurut dia, kecakapan digital atau Digital Quotient (DQ) dapat membuat pengguna siap berinteraksi di media sosial.

    Kecakapan digital dituntut untuk semakin baik. Dulu orang mengandalkan IQ, sekarang harus punya DQ juga," kata Dedy di sela-sela acara #Jagaprivasimu di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

    Ada beberapa hal yang harus dikuasai dalam memenuhi DQ, yaitu digital safety, digital use, digital identity, dan digital rights.

    Dedy mengatakan keempat hal tersebut juga sangat terkait dengan privasi.

    Tentang digital safety, menurut Dedy, pengguna harus sadar terhadap keamanan saat berselancar di dunia maya. Sementara digital use adalah pemahaman pengguna saat menggunakan serangkaian instrumen digital.

    Kemudian digital identity menurut Dedy adalah kesadaran pengguna dalam menjaga jejak digital agar tetap bersih. Sedangkan digital rights adalah pemahaman pengguna internet akan hak hak yang dimiliki ketika berada di dunia maya.

    "Ada beberapa area penting yang juga dapat memperkuat DQ, yaitu knowledge, skill, value dan attitude di dunia digital," kata Dedy.

    Dedy pun menekankan agar warganet dapat memenuhi hal hal tersebut, agar para pengguna internet di Indonesia dapat menjadi warga negara digital yang baik.

    "Ketika memiliki DQ yang bagus, kita sedang mendukung Indonesia untuk lebih bijak dalam berinternet," pungkas Dedy.

    sumber: kompas.com

    Berita Terkait

    Kominfo Gelar 3 Program Pelatihan Digital secara Online

    Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) meluncurkan tiga program pelatihan bidang digital. Program-progam ini disebut bertujuan un Selengkapnya

    Kominfo dukung gerakan Bangga Buatan Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan dukungan untuk gerakan Bangga Buatan Indonesia, untuk mendorong produk-produk lo Selengkapnya

    Kemenkominfo Tawarkan Beasiswa Pelatihan Digital Bagi 15.200 Peserta

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka beasiswa bagi 15.200 peserta untuk mendapatkan pelatihan di Program Digital Ta Selengkapnya

    Kominfo Gelar Kolaborasi 54 Jam Cipta Solusi Startup Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama penggerak ekosistem startup digital di Indonesia menggelar Global Online Startup Weekend Covi Selengkapnya