FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 08-2019

    510

    3 Tips Internetan Aman ala Kominfo

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Telset.id, Jakarta – Di balik keunggulan internet yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai informasi tak terbatas di dalamnya, ada juga risiko keamanan yang bisa diterima oleh para pengguna. Oleh karenanya, warganetharus pintar dan mengamankan dirinya dengan mengakses internet secara aman.

    Beberapa risiko keamanan yang bisa diterima antara lain, keamanan data, konten negatif, cyber bullying, dan risiko-risiko lainnya.

    Beruntung, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan sejumlah tips pintar dan aman bagi warganet Indonesia ketika mereka berselancar di dunia internet.

    Menurut Staff Ahli Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi, ada tiga tips internet aman bagi warganet Tanah Air. Pertama, pengguna perlu mengenali platform digital yang digunakan.

    Maksudnya, mereka wajib mengetahui apa saja fitur-fitur keamanan yang tersedia di platform terkait, termasuk pengaturan keamanan yang disediakan untuk melindungi privasi data pengguna.

    “Anda harus mengenal platform yang akan digunakan, jangan asal download,” tegasnya di acara #JagaPrivasimu Award Ceremony, di Jakarta, Selasa (20/08/2019).

    Kedua, warganet harus mengetahui etika atau rambu-rambu ketika mengakses internet. Dedy memisalkan, etika internet yang dimaksud seperti menjaga perasaan pengguna internet lain dengan tidak melakukan cyber bullying, menyebarkan konten negatif seperti hate speech, dan tindakan tidak beretika lainnya.

    Terakhir menurut Dedy, warganet perlu mengetahui empat hal dasar, yaitu Knowledge, Skill, Value, dan Attitude. Semua hal tersebut merupakan guidanceatau arahan agar mereka bisa bertanggung jawab ketika berselancar di internet, sekaligus dapat memanfaatkannya untuk mencai pengetahuan yang baru.

    “Di internet, kita juga harus menjaga perasaan orang lain dengan menjaga etika. Dan, harus memiliki knowledge, skill, value, dan attitude juga,” jelas Deddy. (FHP)

    sumber : telset.id

    Berita Terkait

    Jaga Persatuan Bangsa Lewat Komunikasi Positif

    Sebagai negara yang multikultur, agama dan etnis, Indonesia paling rawan terjadinya konflik berlatar Suku, ras dan agama (SARA). Komunikasi Selengkapnya

    Berau Terima Bantuan Jaringan Internet dari Kominfo

    Kabupaten Berau mendapatkan bantuan jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Seluma Kembali Dapat Bantuan BTS Blankspot dari Kominfo

    Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH menghadiri acara Penandatanganan Berita Acara Design Review Meeting oleh BAKTI Kominfo, Operator Selule Selengkapnya

    Indosat manfaatkan jaringan Palapa Ring

    Selengkapnya