FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2019

    1431

    Jaring SDM Unggul, Kementerian PANRB Gelar Anugerah ASN

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Sebagai bentuk apresiasi serta untuk mendapatkan sosok panutan (role model), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyelenggarakan Anugerah ASN untuk kedua kalinya. Ajang ini merupakan upaya Kementerian PANRB untuk memberikan motivasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat senantiasa meningkatkan kualifikasi, kompetensi, serta kinerja. Apresiasi ini diberikan kepada ASN yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat Indonesia.

    “Anugerah ASN ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan, PNS Inspiratif, dan The Future Leader," ujar Menteri PANRB Syafruddin dalam acara Penghargaan Anggota Polri Berprestasi serta Peluncuran Anugerah ASN 2019, di Kantor Kementerian PANRB, Selasa (20/8/2019).

    Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan Anugerah ASN ini menjadi ajang untuk dapat menciptakan budaya kerja yang kompetitif di instansi pemerintah, sehingga ASN terus berupaya untuk meningkatkan dirinya agar menjadi SDM Indonesia yang unggul. “Sosok Anugerah ASN nantinya menjadi Duta ASN untuk dapat menyebarkan pengaruh positif,” ujarnya.

    Pelaksanaan Anugerah ASN 2019 ini tentunya juga sejalan dengan visi kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam hal pengembangan SDM untuk mencetak ASN yang unggul. ASN yang unggul atau Smart ASN dapat meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat dunia.

    Ditambahkan, ajang yang bertemakan ‘Talent Management Strategies for Retaining High Potential ASN’ ini dapat membangun persepsi positif ASN di mata masyarakat sebagai pelayan publik yang juga perekat NKRI dan pemersatu bangsa. Didasari oleh UU No. 5/2014 tentang ASN dan PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS, kegiatan ini dapat menghasilkan basis data talenta PNS terbaik.

    Setiawan menjelaskan penghargaan terhadap sosok inspiratif ini juga akan memberikan kontribusi positif dalam budaya kerja, sehingga dapat meningkatkan iklim yang kompetitif untuk senantiasa meningkatkan pelayanan publik yang optimal serta dapat meningkatkan kualitas implementasi sistem merit.

    Untuk mendapatkan nominee terbaik bagi masing-masing kategori, peserta yang diikutkan dalam Anugerah ASN 2019 ini akan mengikuti beberapa tahapan seleksi. Tahapan tersebut meliputi seleksi administrasi, penilaian portofolio, publikasi kandidat di laman menpan.go.id, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas.

    Peserta dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti Anugerah ASN 2019 mulai 16 September 2019. Untuk kategori PNS Inspiratif dan The Future Leader, peserta dapat diusulkan oleh masyarakat, lembaga pemerintah, ataupun organisasi profesi. Sedangkan untuk PPT Teladan, diusulkan oleh instansinya masing-masing. Pendaftaran dilakukan melalui tautan http://bit.ly/ANUGERAHASN2019.

    Penganugerahan bagi pemenang Anugerah ASN 2019 akan diberikan oleh Menteri PANRB pada 10 November 2019. Selain sertifikat, para Anugerah ASN 2019 juga akan dipertimbangkan untuk mendapat kenaikan pangkat istimewa serta penghargaan lainnya.

    Mantan Wakapolri ini juga menambahkan bahwa melalui ajang bergengsi bagi para ASN ini dapat mendorong lahirnya para pemimpin masa depan dan mewujudkan sistem manajemen talenta ASN nasional. “Diharapkan, Anugerah ASN 2019 ini dapat meningkatkan motivasi ASN di seluruh Nusantara untuk lebih berkinerja dan berprestasi bagi negara dan masyarakat Indonesia,” pungkasnya. 

    Rangkaian Kegiatan Anugerah ASN 2019

    Pengumuman : 17 Agustus 2019
    Pengusulan ke Panitia Seleksi : 16 September 2019
    Seleksi Administrasi : 17-24 September 2019
    Seleksi Tahap 1 : 24-25 September 2019
    Seleksi Tahap 2  : 30 September - 2 Oktober 2019
    Verifikasi Lapangan  : 3-18 Oktober 2019
    Presentasi dan Wawancara  : 21-25 Oktober 2019
    Rapat Akhir : 4 November 2019
    Penganugerahaan : 10 November 2019

    Berita Terkait

    Presiden: SMK Menjadi Kunci Kemajuan Negara

    Pernyataan ini disampaikan Presiden usai meninjau langsung SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Ut Selengkapnya

    Wapres Minta KDEKS Bengkulu Manfaatkan Potensi Kearifan Lokal

    Industri halal dan keuangan syariah yang mewakili dua sektor potensial di Indonesia perlu dikembangkan secara lebih optimal, termasuk dengan Selengkapnya

    Wapres Tekankan SDM Unggul Jadi Pembawa Estafet Kepemimpinan Bangsa

    Sebuah bangsa wajib memiliki SDM unggul sebagai kunci menciptakan kemakmuran di bumi. Selengkapnya

    Jadi 'Pilot Project', Kementerian PANRB Kenalkan Aplikasi SmartASN

    SmartASN sebagai aplikasi yang diusulkan menjadi aplikasi umum bidang pengelolaan kepegawaian ASN menjadi salah satu langkah Kementerian PAN Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA