FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 08-2019

    1021

    Sambut HUT RI, Kominfo Gelar Diskusi Perangi Hoax buat Milenial

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Bantul - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar diskusi publik bertajuk 'Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Generasi Milenial'. Diskusi ini untuk memerangi hoax di kalangan milenial jelas HUT ke-74 Republik Indonesia.

    Kasubdit Informasi, Komunikasi, Hukum dan HAM, Direktorat Informasi dan Komunikasi Polhukam Kominfo RI, Henni Prastiwi menjelaskan, diskusi publik tersebut bertujuan mengajak generasi milenial bijak memanfaatkan internet. Pasalnya, saat ini banyak berita hoax yang tersebar melalui dunia maya.

    "Tujuan diskusi publik ini agar generasi milenial menghindari berita bohong dan berita ke arah fitnah menyambut kemerdekaan nanti," ucapnya usai menghadiri Diskusi Publik bertema 'Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Generasi Milenial di Hotel Ros-In Yogyakarta, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Selasa (13/8/2019).

    Selain itu, diskusi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan rasa bela negara di kalangan milenial jelang HUT ke-74 RI. Bela negara yang dimaksud adalah dengan tidak menyalahgunakan keberadaan internet.

    "Kita harap generasi milenial bisa ikut membela negara, bela negaranya dengan menjauhi berita bohong, harus bijak menggunakan internet dan membuat postingan positif," kata Hanni.

    "Karena itu mereka kita rangkul dan selalu kita beri edukasi serta pembelajaran menggunakan internet. Pembelajarannya seperti kita beri kursus singkat tentang siber sekuriti dan e-commerce," imbuhnya.

    Sementara itu, Pakar Telematika, Roy Suryo mengatakan, bahwa diskusi publik dengan tema memerangi hoaks memang perlu dilakukan. Terlebih, kata Roy, beredarnya berita hoax dapat mengancam persatuan bangsa Indonesia.

    "Banyaknya hoax dapat mengancam persatuan bangsa. Apalagi kita merasa keterbelahan di bangsa ini masih terjadi, meskipun capres 02 pak Prabowo sudah bertemu juga dengan Presiden terpilih pak Jokowi," ucapnya.

    "Tapi di masyarakat masih ada hal-hal yang membelahnya, karena itu diskusi ini penting untuk mengajak (generasi) milenial menggunakan teknologi informasi dengan bijak, baik dan kreatif," imbuh Roy.

    sumber : detik.com

    Berita Terkait

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Pemilihan Serentak 2020, Kominfo Sosialisasi Pemilih Cerdas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komis Selengkapnya

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA