FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 08-2019

    1924

    Kemendagri Pilih 80 Kurator Festival Gapura Cinta Negeri

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Sejumlah warga bergotong royong menaikan lambang negara Garuda Pancasila saat membangun gapura HUT Republik Indonesia yang terbuat dari bahan dasar bambu di Urutsewu, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (2/8/2019). Selain untuk menyambut semaraknya HUT ke-74 Republik Indonesia, gapura tersebut juga untuk diikutsertakan dalam Festival Gapura Cinta Negeri tingkat Nasional. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo -  Kementerian Dalam Negeri memilih dan mengukuhkan 80 orang kurator Festival Gapura Cinta Negeri. Mereka akan mengamati dan melakukan penilian atas foto yang dikirimkan dalam festival berhadiah total Rp 1 Miliar itu.

    “Ini berjumlah 80 orang, yang mana anggotanya dari seluruh perguruan tinggi. Tugas kurator adalah mengamati, menganalisis, mengkurasi terhadap foto-foto atau unggahan yang telah dikirim pada website Festival Gapura cinta Negeri www.gapuracintanegeri.com, sehingga tugas dari kurator setelah tanggal 7 Agustus 2019 ini tentunya akan melihat mengkurasi kiriman unggahan dari masyarakat,” ungkap Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo di Ruang Sidang Utama Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Rabu (7/8/2019).

    Sekjen Hadi Prabowo mengatakan bahwa Festival Gapura Cinta Negeri sebagai kegiatan yang sangat positif, yaitu: pertama dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia; kedua, mempererat persaudaraan diantara warga; ketiga, upaya meningkatkan nilai-nilai gotong - royong yang ada dalam jiwa pribadi bangsa Indonesia; keempat,  tentunya adalah menjaga persatuan dan kesatuan NKRI melalui karya seni.

    Ia juga menjelaskan tahapan pelaksanaan Festival Gapura Cinta Negeri yang dimulai tanggal 17 Juli sampai 17 Agustus 2019 yang dalam pelaksanaannya melibatkan 80 kurator.

    Dalam pelaksanaan ada 80 penilaian yang dilakukan 80 orang panitia kurasi, kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan. 

    Lebih lanjut Hadi menjelaskan bahwa unggahan dari peserta Festival Gapura Cinta Negeri ini nanti dilaporkan untuk di nominasikan 60, “kita belum tahu berapa jumlah foto yang akan terkirim di website tersebut, namun tugas dari kurator adalah menetapkan 60 nominator, 60 itu dari umum 50 dari khusus 10”, terang Hadi.

    Dalam Festival Gapura Cinta Negeri ada 2 (dua) sisi kriteria, yaitu yang pertama adalah untuk umum, umum itu masyarakat pada tingkat tataran RW, yang kedua khusus yaitu pesertanya dari perguruan tinggi, kmudian dari dunia usaha, BUMN, lembaga/instansi maupun komunikas seluruh Indonesia.

    “Mulai nanti tanggal 17 Agustus sampai dengan 19 Agustus 2019 tugas dari kurator menyeleksi dan mengkurasi dari jumlah yang masuk, kemudian dinominasikan menjadi 60 yang terbaik. Selanjutnya pada tanggal 20 Agustus 2019 ditetapkan 60 terbaik yang diserahkan oleh Koordinator Bidang Penilaian, dan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2019 akan menetapkan 15 peserta terbaik. Tanggal 22 sampai dengan 28 Agustus 2019 dilakukan survei lapangan dan sekaligus menetapkan 15 yang terbaik tersebut. Dan pada tanggal 29 Agustus 2019 ke-15 nominasi tersebut diundang ke Jakarta setelah itu pada tanggal 30 Agustus 2019 akan diupayakan akan bertemu dengan Bapak Presiden Joko Widodo,” terangnya.

    Lebih lanjut ia Hadi Prabowo menyampaikan bahwa untuk para pemenang disediakan 15 piala dan piagam serta uang total Rp. 1 Miliar, dengan rincian: 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang; 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp. 250 juta  per pemenang; 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang. Sedangkan, 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta.

    Berita Terkait

    Inovasi Modifikator Otomotif Lokal Merambah Kancah Internasional

    Sektor industri modifikasi otomotif yang semakin marak saat ini telah memberikan nilai tambah dan efek berganda terhadap berkembangnya indus Selengkapnya

    Presiden Hadiri Festival Tradisi Islam Nusantara

    Dalam gelaran ini, kata Presiden, masyarakat disuguhkan sejumlah penampilan yang mampu menggugah kecintaan terhadap kekayaan budaya bangsa. Selengkapnya

    Pemerintah Sisir Korban Gempa Cianjur untuk Pemerataan Bantuan

    Pemerintah terus menyisir dan mengirimkan bantuan kepada korban gempa Cianjur, terutama daerah-daerah yang belum menerima bantuan. Selengkapnya

    Presiden Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara

    Menurut Presiden Joko Widodo, Jagat Nusantara juga akan menjadi peluang dan kesempatan untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang heb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA