FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2019

    1566

    Puji Tim Nusantara Sehat, Menkominfo Ingat Perjuangan Program Internet Daerah 3T

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menteri Kominfo Rudiantara di acara Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (6/8/2019) malam. - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi pengabdian dan perjuangan Tim Nusantara Sehat. Mereka melaksanakan misi kesehatan dan kemanusiaan di daerah-daerah terpencil Indonesia.

    Melihat perjuangan anggota Nusantara Sehat yang menjalankan tugasnya melalui tayangan video pendek, Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, Kementerian Kominfo juga merasakan perjuangan yang sama selama membangun akses internet dan BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil).

    “Apresiasi saya kepada Nusantara Sehat yang berjuang di lapangan. Saya sangat mengetahui perjuangan teman-teman, karena kami pun kalau memasang internet dan BTS seluler, juga mengikuti jalur yang sama seperti dilalui oleh teman-teman,” kata Rudiantara di acara Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (6/8/2019) malam.

    Bahkan, selama proses pembangunan akses internet dan BTS (Base Transceiver Station) utamanya di daerah 3T, seringkali mengalami kesulitan seperti akses jalan untuk kendaraan. "Sehingga tim operasional terpaksa harus menggunakan kerbau agar memastikan proses pemasangan terus berlangsung," ungkap Rudiantara. 

    Kondisi itu juga yang dirasakan oleh Tim Nusantara Sehat. Nusantara Sehat yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan memberikan kesempatan kepada anak muda negeri untuk melayani persoalan kesehatan masyarakat di pedesaan.

    Menteri  Rudiantara menuturkan, berbagai tantangan yang dihadapi dalam membangun Indonesia, tidak hanya dirasakan oleh Kementerian Kominfo maupun Kementerian Kesehatan, tetapi juga Kementerian dan lembaga lain.

    Meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan, dirinya mengatakan hal tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintahan Jokowi-JK yang menerapkan prinsip kebijakan keberpihakan kepada masyarakat. 

    “Jadi tantangan itu bukan hanya di Kominfo, di semua Kementerian yang membangun infrastruktur, pola pikirnya sama yaitu mempunyai kebijakan keberpihakan jangka panjang yang sifatnya permanen. Itulah pemerintahan saat ini yang kita jalankan,” imbuhnya

    Sebagai bentuk komitmen dan mendukung perjuangan ratusan anggota Nusantara Sehat selama bertugas di pelosok negeri. Rudiantara menambahkan, Kementerian Kominfo akan menyiapkan kebutuhan akses internet di lokasi yang belum terhubung, agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan dengan baik.

    "Kalau di lokasi penempatan teman-teman yang belum masuk (akses internet), nanti kita tambahkan. Tapi untuk membangun semuanya, kita perlu bertahap sampai satelit kita akhir 2022 nanti. Setelah itu, mau minta dimanapun kita kasih, karena memang tujuannya semua fasilitas pelayanan masyarakat kita akan bereskan semua,” ungkapnya. 

    Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat yang bertajuk “Wujudkan Indonesia yang Lebih Sehat” ini, juga dihadiri Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Sekjen Kemendesa Anwar Sanusi, serta pejabat eselon lingkup Kementerian Kesehatan. **

    Berita Terkait

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA