FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 08-2019

    1251

    Solusi Kebutuhan Talenta Digital untuk Startup, Kominfo Gelar DTS 2019

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo - Manajemen startup digital mengakui kesulitan untuk mencari talenta digital dari dalam negeri. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya untuk menyiapkan talenta digital Indonesia dengan Beasiswa Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2019.

    Vice President Engineering Bukalapak, Ibrahim Arif, menyataka kesulitan mencari talenta digital dari dalam negeri. 

    “Kendala dan tantangan yang sering kita hadapi ialah banyak yang mengaku talenta IT, tapi tidak mengerti algoritma dasar. Secara agregat 97% gagal dari 30 ribu orang engineer yang melamar, artinya talenta digital di Indonesia masih sangat minim,” ujarnya dalam Acara workshop Narrowing Digital Skills Gap In Indonesia, di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (31/07/2019).

    Menurut Ibrahim, kendala yang dihadapi pihaknya tidak saja dalam proses seleksi, tapi juga menyangkut kompetensi dan performa. "Dari hasil seleksi, sekitar 5% berkinerja buruk dan tidak lolos masa percobaan. Beberapa pegawai juga tidak memiliki kompetensi wajib, seperti HTML, CSS, Javascript, Document Object Model, User Driven Development, dan Unit Testing," ungkapnya.

    Untuk menemukan talenta yang sesuai dengan kebutuhan, Bukalapak membuka peluang mahasiswa yang ingin magang. “Jika memiliki performa baik Bukalapak akan memberikan tawaran bekerja penuh. Namun yang terjadi ialah 90% mahasiswa magang tidak lolos seleksi,” lanjut Ibrahim.

     

    Atasi Kesenjangan dengan DTS 2019

    Kisah serupa yang dialami manajemen startup digitial seperti Bukalapak mendorong  Kementerian Kominfo mengembangkan Program DTS. Program tersebut memberikan beasiswa pelatihan intensif bagi 25.000 peserta untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM di bidang TIK.

    Menurut Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, lulusan DTS ini dapat mengisi kekosongan industri. Termasuk mendukung program 1000 Startup Digital yang diselenggarakan oleh Ditjen Aptika. Apalagi potensi ekonomi digital di era Revolusi Industri 4.0 semakin besar.

    “Nilai transaksi online di Indonesia tahun 2015 sebesar USD18 Miliar, tahun 2018 tumbuh menjadi USD27,2 Miliar. Hal tersebut menandakan bahwa ekonomi kita bergerak ke arah ekonomi digital dan mau tidak mau kita harus mengadopsinya,” jelas Basuki.

    Berdasarkan survei BPS, sebanyak 40,51% tenaga kerja berpendidikan maksimal SD. Jumlah pengangguran pun cukup banyak, tidak hanya level SD, SMP, dan SMA, tetapi juga universitas.

    Selain itu, kata Basuki, 65% siswa SD saat ini nantinya akan bekerja di bidang yang sangat baru bahkan saat ini belum ada. “Kita harus menyiapkan ladang pekerjaan untuk mereka. Jika tidak berhasil akan ada bottleneck yang luar biasa di bidang ketenagakerjaan,” tegasnya.

    Sumber: aptika.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Ibu Dina Budi Arie Serahkan Santunan untuk Sivitas Kominfo

    Penyerahan santunan berupa paket sembako itu ditujukan untuk membantu petugas kebersihan dan penjaga keamanan di lingkungan Kementerian Komi Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA