FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2019

    4803

    [HOAKS] Foto Retakan Laut dan Potensi Gempa Besar di Jawa

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:

    Di tengah bencana alam yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, beredar sebuah foto yang diklaim sebagai retakan di laut. Kabar ini diunggah oleh sebuah akun Facebook pada 29 September 2019 lalu. Akun ini juga menambahkan sebuah narasi yang pernah beredar pada 2018 lalu yang berisi tentang potensi Gempa besar di pulau Jawa.

    Dilansir dari liputan6.com kabar tentang foto lautan retak yang berpotensi gempa besar di Jawa ternyata tidak benar. Fakta ini dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bmkg.go.id dengan judul artikel "Gempa Lombok Picu Megathrust Selatan Jawa - Selat Sunda, BMKG : Itu Hoax".  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan isu mengenai gempa Lombok yang akan memicu aktifnya gempa megathrust Selatan Jawa - Selat Sunda adalah kabar bohong (hoax). Kedua gempa tersebut dinilai memiliki sumber gempa yang berbeda dengan jarak yang sangat jauh.

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4024451/cek-fakta-hoaks-foto-retakan-laut-dan-potensi-gempa-besar-di-jawa?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM

    Selengkapnya

    [HOAKS] Prabowo Bagikan Bantuan Puluhan Juta Rupiah untuk Lansia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Pendaftaran Gebyar Undian Grand Prize Tabungan Bank Mandiri

    Selengkapnya

    [HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA