FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2019

    1562

    Beredar Hoaks Ridwan Kamil dan Bima Arya Minum Air Sabun di Inggris

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Berita kunjungan Kerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), dan Walikota Bogor Bima Arya di Inggris, diplintir sejumlah oknum tak bertanggung jawab. 

    Kedua kepala daerah itu, berkunjung untuk membangun hubungan kerjasama di berbagai bidang.  Namun, narasi yang beredar di media sosial, keduanya seolah-olah bertolak ke Inggris untuk menyaingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bahkan dalam narasi disebutkan, "... di sana hanya planga-plongo karena keduanya kebanyakan minum air sabun." 

    Plt. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu mengatakan, kabar miring yang menyeret nama Ridwan Kamil dan Bima Arya itu adalah hoaks. Karena faktanya, selama enam hari di London dan Swedia dalam rangka agenda kunjungan kerja.

    “Pak RK dan Pak Bima seperti yang diberitakan, selama enam hari ke Inggris dan Swedia. Pak RK dua hari berada di London. Waktunya yang singkat itu digunakan RK menjajaki kerjasama dengan sejumlah investor,” kata Ferdinandus di Jakarta, Senin (29/7/2019).

    Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan pertemuan yang dilakukan tersebut secara marathon, yakni sejak pagi hingga malam. Menariknya lagi, salah satu pertemuan dihadiri sekaligus dimoderatori Richard Graham. 

    “Jadi agenda kunjungan kerja itu merupakan upaya peningkatan kerja sama di berbagai bidang, meliputi bidang kebudayaan seperti pembukaan pusat budaya Sunda di London. Tidak seperti yang diberitakan kalau kedua tokoh itu minum air sabun di Inggris, itu sudah jelas-jelas berita bohong (hoaks) yaa,” imbuhnya

    Selain peningkatan kerjasama di bidang kebudayaan, kabarnya Ridwan Kamil dan Bima Arya juga melakukan pertemuan untuk kerjasama bisnis dengan para mitra dan calon mitra pembangunan Internasional di berbagai sektor, mulai pengelolaan sampah hingga bidang pendidikan vokasi.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 29 Juli 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

    1. China Bangun Pangkalan Militer di Kamboja

    2. Rekrutmen TNI PA PK Sarjana Agama Khusus Rohaniwan

    3. Kabar Meninggalnya Bos Agung Podomoro Cosmas Batubara

    4. Sejumlah Orang Bersenjata dengan Seragam Palu Arit, "5.000 Pucuk Senjata Buat Siapa?"

    5. Kemunculan Buaya di Sungai Tabuk Kalimantan

    6. Saya Rela Digilir Seharga Rp. 1.054.000 untuk Melunasi Hutang

    7. Ridwan Kamil dan Bima Arya Planga-Plongo di Inggris karena Banyak Minum Air Sabun

    8. Telah Meninggal Seorang Relawan 02 karena Ada yang Sengaja Nabrak. **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Etnis Rohingya Hanya Berakting Jadi Pengungsi

    Hasil penelitian yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam video tersebut tidaklah benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kandungan Kopi Saset Bisa Kurangi Jumlah Penduduk

    Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pendaftaran BBM dan BLT Rp750 Ribu di Facebook

    Dari tautan di konten yang beredar tersebut memuat laman yang diklaim sebagai situs pengecekan penerima bantuan, tetapi justru mengarah pada Selengkapnya

    Awas Hoaks! Email "Dari" UHO Minta Uang untuk Pembangunan

    Untuk itu, pihak UHO mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk tidak mempercayai email tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA