FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 07-2019

    1449

    [HOAKS] Kisah Inspiratif Anak Jalanan Menjadi Petinggi Kepolisian

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:

    Beredar di media sosial sebuah foto penampakan seorang anak pada tahun 2004 dan penampilannya saat ini pada tahun 2018 sebagai seorang polisi. Foto ini disertai dengan kisah inspiratif dari India. Kisah tersebut bercerita tentang seorang anak yang ditimpa musibah dan menjadi anak jalanan pada usia belia. Kemudian seorang baik hati memungutnya dan membiayai sekolahnya hingga menjadi seorang petinggi polisi karena prestasinya yang luar biasa. 

    Berdasarkan penelusuran, foto sang anak dengan foto polisi wanita tersebut merupakan dua orang yang berbeda. Foto anak tahun 2004 ini menggunakan foto yang diambil dari sebuah situs NGO Pakistan, dimana anak tersebut bernama Hira dan tinggal di Peshawar. Sedangkan foto wanita berseragam tersebut menggunakan foto dari artis Tamil bernama Niveda Pythuraj. Foto tersebut diambil dari film berjudul Thimiru Pudichavan. Kedua foto ini kemudian disatukan seolah menampilkan satu orang yang sama, dan ditambahkan dengan kisah inspiratif untuk menarik pembaca.

    Link Counter:

    https://www.vishvasnews.com/english/viral/fact-check-the-viral-post-that-says-orphaned-child-became-a-police-officer-is-fake/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Tiga Orang Anak Berusia Sepuluh Tahun Lolos dari Penculikan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara

    Selengkapnya

    [HOAKS] Israel Tantang Indonesia, Prabowo Ancam Akan Hancurkan Israel Jika Mengganggu TNI yang Bertugas Di Lebanon

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Kuliah Gratis Ikatan Dinas

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA