FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 07-2019

    181

    HBDI Bisa Tingkatkan Transaksi, Dukung Pengembangan SDM

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Menkominfo saat menjawab pertanyaan rekan-rekan media dalam sesi doorstop usai acara jumpa pers pelaksanaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019, Jakarta, Kamis (25/07/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan informatika Rudiantara menyatakan dukungan atas penyelenggaraan. Program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI). Bahkan, Menteri Rudiantara mengharapkan penyelenggaraan HBDI bisa meningkatkan transaksi ekonomi dan mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

    "Semua ekosistem harus mendukung program ini untuk meningkatkan transaksi dan kontribusi ekonomi kepada negara,” ujar Menteri Kominfo dalam Jumpa Pers HBDI 2019, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (25/07/2019).

    Menurut Menteri Rudiantara bentuk dukungan pemerintah atas terselenggaranya HBDI dengan cara menyebarluaskan dan mensosialisasikan pelaksanaan acara yang berlangsung pada 16 s.d. 31 Agustus mendatang dan bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahun ini.

    “HBD Indonesia, ini adalah Hari Birthday Indonesia di Hari Belanja Diskon untuk Indonesia. Atas nama Kementerian Kominfo, pemerintah tentunya mendukung acara HBDI ini,” ungkapnya.

    Menteri Kominfo menyebut angka yang istimewa berkaitan dengan peringatan HUT ke-74. “Bicara soal angka 74, bisa artinya 74% diskon, bisa diskon Rp 74.000, ya kalau harganya Rp 100.000, diskon 74 ribu lumayanlah dan banyak lagi angka 74 74... 74... 74,” paparnya.

    Acara yang digelar oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) akan berlangsung di 70 kota di Indonesia.  Sekitar 200 perusahaan dan 18 ribu gerai akan terlibat dengan jumlah brand yang akan bergabung memberikan diskon kepada masyarakat mencapai 300 brand.

    Acara jumpa pers di Ruang Auditorium juga dihadiri oleh Irjen Kemendag Srie Agustin yang mewakili Mendag, Ketua dan Wakil Ketua Umum HIPPINDO, perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia, serta sejumlah pejabat dari Pemprov DKI Jakarta. 

    Menkominfo di acara HBDI 2019
     

    Diskon Mahasiswa Pelajar Dukung Pengembangan SDM

    Menteri Rudiantara mengharapkan adanya diskon khusus bagi kaum pelajar dan mahasiswa. Diskon yang bisa dikemas sebagai penawaran menarik di luar promo serba 74 tersebut. 

    "Nah ini kalau diskon 74%, jangan sampai kebalik menjadi 47% dan kalau boleh nanti pada saat HBDI berlangsung, ada hari khusus untuk pelajar, mahasiswa, atau apapun karena pemerintah fokus mengembangkan SDM. Diskonnya ditambah 10 persen menjadi 84 persen untuk pelajar, juga gak apa-apa, tergantung panitia," pintanya.

    Menurut Menteri Kominfo, dalam pesta belanja KlingKing Fun yang sebelumnya dilaksanakan, konsumen sangat antusias dengan diskon 50 persen usai menunaikan hak pilih dengan mencoblos dalam Pemilu Serentak 2019. Oleh karena itu, Rudiantara mengharapkan hal serupa bisa terjadi lewat HBDI.

    Ketua Panitia HBDI Fetty Kwartati menargetkan adanya peningkata pendapatan dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.  "Kami menargetkan pendapatan meningkat 20 persen dari tahun 2018. Tahun 2017, target pendapatan kita Rp20 triliun. Tahun 2018 ada kenaikan target 20 persen tahun ini naik dalam kisaran yang sama," tuturnya.

    Tahun ini, kaya Fetty, HBDI mengangkat tema "Merah Putih Fun Diskon Persatukan Bangsa". Rencananya, kegiatan ini bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, pada 15 Agustus mendatang. (hm.ys)

     
    Foto Bersama Menkominfo di Acara HBDI 2019

    Berita Terkait

    Ubah Kebiasaan Transaksi, Jual Beli Online Lebih Efisien

    Perkembangan jual-beli online di Indonesia amat pesat dalam satu dasawarsa terakhir. E-commerce dinilai telah banyak mengubah kebiasaan masy Selengkapnya

    Dinantikan Rakyat, Palapa Ring Potensial Dongkrak Ekonomi Digital USD 130 Miliar

    Proyek Palapa Ring Paket Timur yang diresmikan Presiden Joko Widodo disyukuri oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah timur, karena Selengkapnya

    Tingkatkan Kesadaran Pelindungan Data Pribadi

    Perlindungan data pribadi selain dari sisi regulasi yang komprehensif, diperlukan peran dan tanggungjawab dari berbagai pihak. Selain mengaw Selengkapnya

    Tahun 2020, Kominfo Tingkatkan Alokasi Penguatan GPR Rp48 Miliar

    Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2020 untuk memperkuat peran sebagai Selengkapnya