FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 07-2019

    1098

    Fasilitasi IoT Makers Kembangkan Solusi TIK

    Kategori Berita Kominfo | meit001

    Tangerang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Kementerian Perindustrian memfasilitasi Makers di Indonesia untuk mengembangkan solusi TIK.

    Kepala Subdirektorat Standar Telekomunikasi Radio Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indra Utama mengatakan penyelenggaraan Hands on Workshop IoT Makers Creation 2019merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam mendukung perkembangan industri IoT di Indonesia.

    "Acara yang merupakan rangkaian dari bulan April 2019 ini bertujuan untuk mencari solusi lokal yang memiliki kekhususan untuk digunakan dalam permasalahan di Indonesia," ungkap Indra dalam pembukaan workshop di Hotel Santika BSD City Serpong, Tangerang, Kamis (25/07/2019).

    Menurut Indra,agar bisa berjalan dengan maksimal, maka makers dan komunitas perlu difasilitasi agar tumbuh dan membuat solusi di hampir semua sektor.

    “Makers dan komunitas akan menjadi kunci karena solusi TIK akan berdampak luas dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi jika benar-benar bisa menyelesaikan masalah yang terjadi di Indonesia, yaitu dengan solusi lokal yang memiliki kekhususan Indonesia. Kami harapkan dengan solusi tersebut, industri dan masyarakat dapat meningkatkan produktivitas, memangkas biaya, dan memunculkan revenue stream baru,” tuturnya.

    Ketua Umum ASIOTI Teguh Prasetya menuturkan pelatihan ini merupakan tahap awal untuk mencetak teknopreneurs, start up, dan pengembang produk dan solusi IoT lokal.

    ”Kami di sini hadir untuk bertukar pendapat dan membantu para makers mempertajam ide dan langkah yang harus ditempuh sehingga dapat berlanjut hingga tahap komersialisasi,” ungkap Teguh.

    IoT Makers Creation 2019 merupakan rangkaian kegiatan dengan tujuan mendorong pembentukan start-up lokal yang fokus pada pengembangan solusi IoT dari berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, IoT Makers Creation 2019 sudah mencapai kota ke sembilan setelah sebelumnya diadakan di Mataram, Bogor, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Medan dengan antusiasme yang luar biasa.

    Di Kota Tangerang, IoT Makers Creation 2019 Bekerja sama dengan SAM Element dengan memberikan pelatihan serta modul gratis selama setahun kepada para peserta. Adapun peserta yang hadir dalam workshop kali ini sekitar 20 kelompok.

    “Selanjutnya kami akan mengadakan kompetisi dan memilih 10 finalis yang akan presentasi di depan para juri. Pemenang dari kompetisi ini akan inkubasi dan roadshow ke Singapura serta mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka ke seluruh BUMN,” tutur Sekjen ASIOTI Fita Indah Maulani.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Lowongan Pekerjaan Online!

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Disinformasi Aliran Dana Korupsi SYL!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com ternyata klaim itu keliru. Selengkapnya

    Road to ISSS 2023, Kembangkan Industri IoT Smart House

    Kominfo mengundang pelaku usaha di bidang Internet of Things untuk mengembangkan layanan smart home, bulding, dan warehouse. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Direksi Telkom Group

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima Direksi Telkom Group yang dipimpin Direktur Utama Ririek Adriansyah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA