FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 07-2019

    1449

    Kominfo Ajak Startup Lokal Dorong UMKM Go Online

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai beralih ke pasar online.

    Upaya tersebut diwujudkan dengan melakukan program Grebek Pasar sebagai dukungan agar UMKM go online.

    Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata Transportasi dan Perdagangan Kominfo, Sumarno menyatakan, pasar harus dapat memanfaatkan platform digital yang sudah ada, karena sekarang semua sudah beralih ke platform online.

    "Saya berharap agar nantinya produk pasar ini bisa dijual tidak hanya nasional saja, tetapi hingga keluar Indonesia. Melalui uluran tangan para Pandu Digital dan marketplace, kami berharap agar pasar dapat dibantu dalam proses go online,” kata Sumarno saat ditemui Tribunjogja.com usai meluncurkan program tersebut di Lantai 3 Pasar Beringharjo, belum lama ini.

    Pihaknya dalam program ini menggandeng startup lokal asal Yogyakarta Titipku yang dihadirkan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

    Pada 30 Juni 2019 dan 1 Juli 2019 lalu, Titipku turut di undang untuk memberikan arahan kepada Tim Pandu Digital untuk memperkenalkan aplikasi Titipku ke pedagang pasar.

    Mengedepankan fitur Jelajah, aplikasi Titipku diharapkan dapat membantu percepatan digitalisasi UMKM Indonesia khususnya pasar yang ada di wilayah D I Yogyakarta.

    Grebeg Pasar akan berlangsung mulai 4 Juli 2019 – 17 Juli 2019 dengan target 2000 UMKM go online.

    Tentunya untuk mencapai target tersebut, Kominfo tidak bergerak sendiri, melainkan mengajak beberapa relawan yang disebut dengan Pandu Digital untuk membantu UMKM dalam proses go online.

    Tim Pandu Digital tersebut yang akan memandu pedagang di kios pasar untuk mulai berjualan secara online supaya produknya dapat dikenal secara lebih luas.

    Selain di Pasar Beringharjo, kegiatan serupa juga akan hadir di Pasar Klithikan dan Pasar Lempuyangan Yogyakarta. (*)

    Sumber: Tribunnews.com

     

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA