FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 07-2019

    1022

    Hoaks, Dari Rekrutmen PLN hingga PNS Pendukung Prabowo Gabung FPI

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, berhasil menemukan sejumlah kabar hoaks di media sosial. Salah satu diantaranya mengenai rekrutmen dari PT PLN.

    Isi pesan dalam konten hoaks tersebut menyebutkan, adanya lowongan kerja yang mengatasnamakan PT PLN (Perusahaan Listrik Negara), melalui korespondensi dan memungut biaya. 

    Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan, setelah mendengar informasi tersebut dari pihak PLN, kabar tersebut adalah hoaks.

    “Pihak PLN memberikan klarifikasinya, mereka tidak pernah bekerjasama dengan travel manapun untuk rekrutmen,” kata Ferdinandus di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

    Klarifikasi tersebut, kata Ferdinandus, disampaikan langsung oleh Plt Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN, Dwi Suryo Abdullah. 

    Abdullah juga meminta kepada masyarakat, utamanya pelamar kerja agar waspada terhadap informasi hoaks terkait rekrutmen PLN.

    Sementara itu, kabar hoaks lainnya dikaitkan dengan Pilpres 2019. Sejauh ini, para tokoh nasional telah berupaya dan menunggu rekonsiliasi. 

    Namun, sejumlah warganet masih menyebarkan kabar bohong.

    “Kami temukan di media sosial, beredar foto dengan narasi "Kompak resign, forum honorer K2 dan PNS pendukung Prabowo pilih jadi anggota FPI". Tapi postingan itu sama sekali tidak benar yaa,” ujar Ferdinandus.

    Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, gambar yang dibagikan dalam posting tersebut, merupakan hasil suntingan. Sementara narasi judul yang digunakan sengaja membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks yang sesungguhnya.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 7 Juli 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo: 

    1. Rekrutmen PT PLN

    2. Kompak Resign, Forum Honorer K2 dan PNS Pendukung Prabowo Pilih Jadi Anggota FPI

    3. Broadcast WA yang Mengatasnamakan Dan Satgas Wijaya BAIS TNI

    4. Kol Digoreng Memicu Senyawa Amina Heterosiklik dan Menyebabkan Kanker

    5. Hati-Hati Daging Manusia Impor dari China

    6. Mahasiswa di Aceh Bergerak

    7. Indonesia, Negara dengan Dua Presiden

    8. Tim Prabowo Sebut Gaji PNS Naik Gara-gara Pilpres

    9. Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Dipecat Karena Dukung Bamsoet

    10. Biksu Myanmar Terkena Azab Penyakit Misteri. **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Rekrutmen Pandu PT Pelabuhan Indonesia II Bulan Februari

    Telah beredar sebuah gambar berbentuk pamflet pada media sosial, yang memberikan informasi terkait rekrutmen pandu PT Pelabuhan Indonesia II Selengkapnya

    Awas Hoaks Soal Rekrutmen Karyawan PLN Januari 2021!

    Beredar selebaran pengumuman digital mengenai pembukaan rekrutmen karyawan PLN untuk beberapa posisi. Selebaran digital itu menyertakan tau Selengkapnya

    Wawancara Online Rekrutmen Minta Video Bagian Tubuh, Awas Hoaks!

    Sebuah akun instagram yang mengatasnamakan Recruitment PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyebarkan direct message ke sejumlah akun lain. Da Selengkapnya

    Beredar Hoaks Daftar Nomor Ponsel Polisi Pemburu Preman

    Sebuah pesan berantai beredar di platform WhatsApp. Pesan itu berisi daftar nomor ponsel milik anggota Polisi. Pemilik nomor ponsel itu dise Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA