FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 07-2019

    2640

    Laporan Kinerja Kementerian Kominfo Tahun 2018

    Kategori Laporan Kinerja | brs

    Berdasarkan lingkup pemangku kepentingan yang dilayani, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merupakan kementerian yang dituntut untuk paling dinamis menyikapi perubahan cepat serba-digital. Program-program prioritas yang dicanangkan sarat dengan nuansa digital: peningkatan akses infrastruktur, digitalisasi penyiaran, tata kelola internet, dan government public relations.

    Maka aspek kecepatan dan keluwesan merupakan aspek yang bernilai sangat tinggi, dalam konteks tersebut. Kemkominfo harus mampu mengikuti gerak cepat masyarakat digital yang lebih membutuhkan untuk difasilitasi dan diberi dorongan akselerasi. Sebagian tuntutan perubahan tersebut tercermin dari penataan ulang organisasi di dalam struktur internal Kemkominfo melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2018.

    Dalam spirit sebagai fasilitator, Kemkominfo menggelar kebijakan yang afirmatif demi pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di seluruh Nusantara melalui penerapan teknologi 4G lebih awal dari jadwal semula, desain ulang proses bisnis proyek Palapa Ring, membentangkan last mile mobile dan akses internet seluas-luasnya, dan menyiapkan High Throughput Satellite. Kemkominfo juga memfasilitasi kewirausahaan digital melalui Gerakan 1000 Startup Digital, dan mengembangkan talenta-talenta ekonomi digital melalui beasiswa ke India dan Tiongkok.

    Sedangkan sebagai akselerator, Kemkominfo menginisiasi program Next Indonesian Unicorn untuk mendorong munculnya unicorn-unicorn baru. Selain itu juga menyelenggarakan program-program UMKM Go Online, Ekonomi Digital Kerakyatan (Nelayan dan Petani).

    Kerja cerdas dan kinerja seluruh pejabat dan karyawan Kemkominfo sepanjang tahun 2018 juga mendapat apresiasi berupa pengakuan dan penghargaan dari lembaga-lembaga lain, seperti:

    • Kemkominfo meraih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 atas Inovasi Perizinan Online dan Pelayanan Prima (19/09/2018).
    • Kemkominfo meraih penghargaan “TOP IT Implementation on BLU 2018” pada ajang TOP IT & Telco 2018 di Jakarta, Kamis (06/12/2018).
    • Penghargaan sebagai Badan Publik kategori “Informatif” dalam implementasi UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (05/11/2018).
    • Program indonesiabaik.id yang digagas Kemkominfo meraih WSIS Prizes 2018 dengan predikat “WINNER” oleh International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa, Swiss (20/03/2018).
    • Kemkominfo meraih penghargaan Indonesia Awards 2018 kategori “Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur TI di Daerah 3T” oleh iNews TV (15/11/2018)
    • Penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Lembaga Pemerintah dengan Pengelolaan Anggaran Terbaik untuk Kategori Pagu Sedang Terbaik Kedua Tahun 2018, diserahkan pada 20/02/2019.

    Laporan Kinerja Kemkominfo Tahun 2018 ini disusun sebagai media untuk menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja kementerian dan diharapkan juga dapat menjadi sumber informasi bagi semua pemangku kepentingan dan masyarakat umum. Segala pencapaian dan kekurangan dalam hal kinerja yang terangkum dalam laporan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi seluruh jajaran pejabat dan karyawan di lingkungan Kemkominfo

    Unduh Laporan Kinerja Kementerian Kominfo Tahun 2018 disini

    Berita Terkait

    Laporan Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Tahun 2023

    Selengkapnya

    Laporan Kinerja (LKj) Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2023

    Selengkapnya

    Laporan Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Tahun 2022

    Selengkapnya

    Laporan Kinerja Kementerian Kominfo Tahun 2022

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA