FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2012

    2029

    Perketat Impor Handphone, Pacu Industri Lokal

    Kategori Sorotan Media | admin

    VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, menyambut baik pengetatan impor produk seluler yang sedang dikaji di Kementerian Perdagangan.

    Untuk itu, menurut Tifatul, kewajiban pendaftaran International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk handphone (telepon genggam) dan smartphone (telepon pintar) wajib diberlakukan bagi barang yang masuk ke Indonesia.

    "Jelas dong, seluruh barang impor harus dapat sertifikasi Kemenkominfo," ujar Tifatul kepada VIVAnews di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 9 Mei 2012.

    Dia menyambut baik upaya tersebut, karena dengan pengetatan impor itu akan memicu perkembangan industri lokal ke depan. "Jangan hanya jadi konsumen, tetapi bagaimana ke depan jadi produsen," tambahnya.

    Peraturan tersebut, menurut dia, juga sejalan dengan rencana produksi barang teknologi informasi seperti tablet lokal buatan dalam negeri yang sedang dikembangkan.

    "Tablet lokal dengan harga yang murah bisa dijangkau mahasiswa dan mengurangi ketergantungan terhadap asing," ungkapnya.

    Tifatul melanjutkan, nantinya dengan peraturan ini, diharapkan ketergantungan masyarakat Indonesia dengan produk impor dapat berkurang. "Paling tidak, mereka bikin pabrik di sini, untuk assembling," tuturnya.

    sumber:http://bisnis.vivanews.com/news/read/312241-tifatul--perketat-impor--pacu-industri-lokal

    Berita Terkait

    Pemerintah Terus Bangun Infrastruktur Telekomunikasi

    Pemerintah masih akan terus membangun infrastruktur telekomunikasi secara berkelanjutan. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informa Selengkapnya

    Peran Penting IoT untuk Industri dan Pemerintah Indonesia

    Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menilai peran Internet of Things (IoT) sangat penting untuk industri dan juga peme Selengkapnya

    Buka IDByte Esports 2019, Rudiantara: Potensi Industri Game Indonesia Besar

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan gelaran IDByte Esports 2019 yang berlangsung di ICE BSD, Banten, pada Selengkapnya

    Palapa Ring Berdampak Positif Bagi Industri Gim Indonesia

    Infrastruktur jaringan tulang punggung telekomunikasi Palapa Ring yang dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informati Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA