FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 07-2019

    1419

    Ini Agenda Digital Menteri TIK di Asia Pasifik

    Kategori Sorotan Media | meit001

    SINGAPURA (IndoTelko) - Pertemuan Menteri yang menangani teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari 32 negara anggota Asia-Pasific Telecommunity (APT) membahas lima inisiatif sasaran strategis baru.

    Penetapan dalam Ministerial Statement itu menjadi agenda kebijakan digital lima tahun ke depan.

    “Semua perwakilan negara yang hadir menyadari pertumbuhan digital dan TIK yang begitu pesat. Sehingga sepakat merumuskan lima sasaran strategis dalam bidang digital, antara lain digital transformation, digital innovation and creativity, digital community, digital trust dan capacity building and partnership, ” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, di Singapura seperti disiarkan laman Kominfo (26/6).

    Menurut Sekjen Niken, para Menteri dalam pertemuan ini menyepakati dokumen Singapore Statement on Co-Creating a Connected Digital Future in the Asia-Pacific. “Kelima sasaran strategis tertuang dalam dokumen tersebut,” tambahnya.

    Momentum Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, S. Iswaran menyatakan penyelenggaraan forum kali ini bertepatan dengan tumbuhnya keunggulan Asia-Pasifik sebagai kekuatan ekonomi global.

    “Pertemuan Tingkat Menteri TIK Asia-Pasifik diselenggarakan pada waktu yang tepat dimana saat ini dunia mendekati persimpangan-persimpangan TIK dan perbatasan lanskap digital yang berkembang pesat,” jelasnya.

    Selama lima tahun terakhir, pengembangan TIK di wilayah Asia-Pasifik telah menunjukkan peningkatan yang signifikan, sesuai dengan program-program prioritas yang dicanangkan pada pertemuan tersebut.

    Forum APT merupakan joint initiatives dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) dan  International Telecommunication Union (ITU). Forum itu memfasilitasi perkembangan TIK di kawasan Asia-Pasifik.

    APT yang berdiri sejak tahun 1979 telah memainkan peran kunci dalam membina kerjasama regional dan memfasilitasi prakarsa pembangunan dan program pengembangan kapasitas TIK.(wn)

     

    Sumber: Indotelko.com

     

    Berita Terkait

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    Transformasi Digital Dorong Telemedis Jadi Solusi Layanan Kesehatan

    JAKARTA - Pemerintah mendorong pengembangan telemedis sebagai solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19, yang Selengkapnya

    Pemerintah Percepat Digitalisasi Televisi Nasional

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saat ini tengah mengupayakan percepatan digitalisasi nasional, salah satunya digitalisas Selengkapnya

    Kominfo Buka Program Digital Talent Scholarship 2020 Angkatan II

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka program Stimulus Online Academy angkatan 2 Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 se Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA