FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 06-2019

    1441

    Dorong Guru Informatika Bekali Pelajar dengan Literasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak guru pengajar informatika untuk bersiap menghadapi tantangan global. Termasuk membekali pelajar dengan literasi digital.

    "Jelang Tahun 2030, dimana akan terjadi bonus demografi dan peningkatan angka consuming class," jelasnya saat memberikan keynote speech sekaligus membuka Seminar Nasional Guru Informatika se-Indonesia, di Gedung Guru PB PGRI, Jakarta, Jumat (28/06/2019).

    Di hadapan perwakilan guru informatika tingkat SD, SMP, SMA & SMK se-Indonesia, Menteri Rudiantara menyatakan bonus demografi harus dimanfaatkan. Bahkan, Menteri Kominfo mengajak para guru informatika untuk bersiap menghadapi tantangan global. 

    "Terutama jelang 2030 dimana akan terjadi bonus demografi, dimana penduduk usia produktif akan tinggi, dan ini perlu dibekali dengan keterampilan teknologi terbaru," jelasnya.

    Menurut Menteri Rudiantara, selain keterampilan penguasaan perangkat teknologi informasi, saat ini pelajar di Indonesia juga perlu dibekali dengan kemampuan untuk mengantisipasi informasi hoaks. 

    "Anak-anak sedari dini juga perlu dibekali dengan resilience untuk mengantisipasi hoaks. Jadi bukan hanya memperkuat sisi keilmuan TIK, namun juga dari sisi literasi digital," tandasnya.

    Materi literasi digital sudah masuk ke dalam kurikulum pendidikan. Materi terintegrasi dalam mata pelajaran Informatika dari tingkat sekolah dasar sampai menengah atas. Integrasi itu buah kolabroasi antara PGRI, Kementerian Kominfo.

    Seminar Nasional Penguatan  Guru TIK dalam Menyambut Pelajaran Informatika juga diisi dengan peluncuran Buku Ajar Informatika/Literasi Digital tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

    Selain Menteri Kominfo Rudiantara, seminar sehari itu yang dihelar PGRI itu menghadirkan pemateri dari pengurus PGRI, Unifah Rosyidi;  pengelola Smart Learning Center PGRI, Eko Indrajit; Dirjen GTK Kemendikbud, Suparno,  Direktur Pendidikan Guru Dikdas Kemdikbud, Praptono; Pembina TOKI, Julo Adisantoso, dan Ketua Umum Siberkreasi, Dedy Permadi. 

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA