FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 06-2019

    928

    Hoaks! Prajurit Kostrad Akan Menyerang Rutan Guntur

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Kemudahan akses terhadap teknologi sering dimanfaatkan sejumlah oknum untuk berbuat negatif. Salah satunya dengan menyebarkan konten  hoaks melalui akun media sosial. 

    Entah apa motifnya, para pelaku menyebarkan segala bentuk kebohongan dan provokasi. Seperti halnya akun Instagram (IG) atas nama “gelas_intel”.  Akun itu mengunggah meme mengenai Mayjen (Purn) Kivlan Zen dengan kalimat provokatif.   Dalam salah satu kontennya, disebutkan Prajurit Kostrad akan menyerang Rutan Guntur POM Dam Jaya, Jakarta Selatan. 

    Berdasarkan informasi resmi dari Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dipastikan kalimat dalam meme tersebut adalah hoaks. 

    “Akun atas nama gelas_intel ini sengaja menyebarkan kabar bohong kepada public. Akun itu mengatasnamakan institusi Mabes Polri,” kata Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

    Ferdinandus mengatakan, pihak Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim, akan menyelidiki siapa dalang dibalik akun bodong tersebut. “Kasus ini sudah ditangani Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim ya. Jadi, identitas kreator dan buzzer hoaks itu akan ditelusuri keberadaannya,” jelasnya.

    Ferdinandus berharap, masyarakat dengan cermat dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Agar jangan sampai masyarakat menjadi korban hoaks dari segelintir kelompok.  “Harapannya kita menggunakan media sosial ini dengan baik, kita cegah hoaks bersama-sama dengan cara saring sebelum sharing,” pungkasnya.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks untuk tanggal 25 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo.

    1. Darah yang Terinfeksi HIV Dalam Saos Tomat

    2. Bupati dan Pejabat Brebes Plesir ke Australia

    3. Aturan Suntik Mati Jomblo Mulai Usia 25 Tahun

    4. Prajurit Kostrad Akan Menyerang Rutan Guntur POM Dam Jaya

    5. Istri Panglima TNI Hadi Tjahyanto yang bernama Lim Siok Lan

    6. Nanas Madu Mengandung Asam Siklam yang Dapat Merusak Ginjal

    7. Program SIM Gratis saat Hari Bhayangkara di Jateng

    8. Handphone (HP) Santri Dihancurkan Pakai Palu **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    Awas Hoaks! Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Berganti

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kontrol Penyakit, WHO Lakukan Pengawasan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, informasi yang beredar tersebut merupakan Selengkapnya

    Awas Hoaks! Etnis Rohingya Hanya Berakting Jadi Pengungsi

    Hasil penelitian yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam video tersebut tidaklah benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA