FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 06-2019

    1471

    Kembangkan Kecakapan Digital untuk Lawan Konten Negatif

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Manado, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengajak generasi milenial Manado melawan konten-konten negatif di internet. Hal itu dapat dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran diri dan mengembangkan kecakapan digital.

    “Kita harus melawan konten-konten negatif di Internet, cara termudah dan paling awal ialah dengan berjanji pada diri sendiri, bahwa kita tidak akan mengakses lagi situs atau konten negatif. Dengan demikian situs dan konten negatif tersebut akan mati dengan sendirinya. Selain itu pemerintah akan terus mengembangkan kecakapan digital anak muda di Indonesia dengan gerakan literasi digital,” ujar Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, saat acara Perkemahan Kreatif Remaja Sinode GMM, Kakas, Minahasa, Manado, Jum’at (21/06/2019).

    Di hadapan 7.000 orang peserta, Dirjen Semuel mengungkapkan ada tiga tahapan penguatan kecakapan digital, yaitu basic digital skill melalui literasi digital, lalu intermediate digital skill melalui Digital Talent Scholarship, dan terakhir advanced digital skill melalui Digital Leadership Academy.

    Dirjen Aptika menyebutkan program literasi digital dari pemerintah yang dapat diikuti oleh para generasi milenial. "Ada Pandu Digital, Kreator Nongkrong, School of Influencer, dan Digital Literasi Hub. Ada juga portal website penunjang untuk melawan konten-konten negatif, seperti stophoax.id dan literasidigital.id," paparnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Semuel menjelaskan tugas pemerintah untuk menangani konten negatif di internet sesuai amanat Pasal 40 Ayat 2, 2a, dan 2b UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

    "Dalam menjalankan tugasnya dalam penanganan konten negatif di internet, Kementerian Kominfo menjalin kerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait dan juga dengan platform media sosial," tutur Semuel.

    Dirjen Aptika menekankan pentingnya kolaborasi pemangku kepentingan di Indonesia untuk meminimalisir penyebaran konten hoaks dengan peningkatan manajemen penanganan konten dan literasi digital. 

    “Saya berharap nantinya setiap Instansi Pemerintah (K/L) agar memiliki website dan media sosial resmi milik instansi dan pejabat instansi masing-masing sebagai GPR (Government Public Relations) agar dapat memberikan informasi yang baik kepada masyarakat,” katanya.

    Acara diskusi santai literasi digital Manado ini terbagi atas dua sesi, pertama literasi digital dalam Perkemahan Kreatif Remaja Sinode GMM 2019. Kedua, sore diskusi santai literasi digital bareng netizen Manado di What’s Up Cafe. ⁣(lry/m)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA