FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 06-2019

    1371

    Rudiantara Sebut SDM Indonesia Potensial di Bisnis Digital DFFT

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TEMPO.CO, Jakarta – Model bisnis ekonomi digital di Indonesia diprediksi berkembang pesat dalam 5 hingga 10 tahun mendatang. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menggambarkan, bentuk bisnis digital yang akan berbiak di Indonesia pada masa depan ialah pertukaran data atau data free flow with trust atau DFFT.

    “Model bisnis kita sekarang masih memotong mata rantai distribusi, seperti transportasi dan pertanian. Nanti, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, akan terjadi perubahan. Bisnis tidak berbasis model sekarang, tapi pertukaran data,” ujar Rudiantara kala ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin petang, 17 juni 219.

    Negara-negara yang saat ini mulai menjajaki bisnis DFFT adalah negara maju yang tergabung dalam G7. Adapun model bisnis pertukaran data umumnya terbagi atas dua jenis. Di antaranya transfer data pribadi dan non-data pribadi.

    Rudiantara menjelaskan, sejatinya, Indonesia mulai didorong untuk mengembangkan DFFT. Namun, sebagai langkah awal, bisnis digital yang dikembangkan di Tanah Air ialah model non-data pribadi. Saat ini, pemindahan data secara terbuka telah diterapkan untuk pesawat terbang jenis jet yang sedang mengangkasa di wilayah internasional.

    Artinya, pabrik pesawat jet bakal memperoleh data secara realtime pada saat pesawat tengah terbang atau mendarat. Pesawat juga bakal menyampaikan alarm bila terjadi kerusakan pada mesin.

    Model bisnis digital ini sebelumnya telah dibahas dalam perjumpaan G20 bersama negara-negara anggota di Jepang pada pekan kedua Juni lalu. Pertemuan tingkat menteri tersebut merembuk penerapan skema bisnis berbasis DFFT. 

    Dari lawatan itu, Rudiantara menjelaskan bahwa bisnis digital berkonsep DFFT ini layaknya new oilatau minyak baru bila dimisalkan dalam dunia industri. Pada masa ke masa, model bisnis bakal berkembang dan diperbarui.

    “Kita harus siapkan (new oil) karena kita punya penduduk terbesar nomor empat di dunia. Potensi menjadi new oil makin besar dengan penduduk kita yang jumlahnya banyak,” ujar Rudiantara. Ia menyatakan Indonesia butuh waktu untuk terjun dalam skema bisnis DFFT. Salah satu yang mesti disiapkan adalah sumber daya manusia atau SDM.

    Sumber: tempo.co

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Lewat Dayamaya Pemerintah Geber Potensi Ekonomi Daerah 3T Secara Digital

    Pemerintah terus berupaya mengembangkan potensi ekonomi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dengan berbagai cara. Salah satu ya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA