FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2019

    963

    Muhammadiyah Dukung Kemenkominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

    Kategori Sorotan Media | meit001

    AKURAT.CO, PP Muhammadiyah mendukung Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang melarang dan memblokir iklan rokok di internet.

    Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, pihaknya dari dulu telah memberikan doringan kepada Pemerintah agar membatasi, bahkan menghilangkan iklan rokok.

    "Sejak awal sudah memberikan suatu dorongan dan memberikan masukan agar selain iklan dibatasi jika dimungkinkan iklan roko ditiadakan," kata Mu'ti saat acara silaturahmi Idul Fitri 1440 H di agedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

    "Memang kita menyadari dampak dari rokok ini memang cukup serius terutama berkaitan dengan kesehatan khususnya kesehatan generasi muda," pungkasnya.

    Sebelumnya, Kemenkominfo telah menyaring konten-konten iklan rokok di internet sebagai langkah untuk melaksanakan blokir iklan rokok di internet sesuai permintaan Kementerian Kesehatan.

    Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, mengaku telah menerima surat Kemenkes bernomor No TM.04.01/Menkes/314/2019 perihal Pemblokiran Iklan Rokok di Internet.

    "Segera setelah menerima surat dimaksud, Menkominfo Rudiantara langsung memberikan arahan kepada Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika untuk melakukan crawling atau pengaisan terhadap konten iklan rokok di internet," kata Ferdinandus, lewat keterangannya, Kamis (13/6/2019).

    Ia melanjutkan, tim AIS Kominfo langsung melakukan crawling dan ditemukenali sejumlah 114 kanal (Facebook, Instagram, dan YouTube) yang jelas melanggar UU 36/2009 tentang Kesehatan Pasal 46, ayat (3) butir c tentang promosi rokok yang memperagakan wujud rokok.

    "Saat ini tim AIS Kominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform tersebut," ungkapnya.

    Sumber: AKURAT.CO

     

    Berita Terkait

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA