FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 06-2019

    1103

    Founder Unicorn Diusulkan Terima Satyalancana Wira Satya

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengusulkan penghargaan bagi empat unicorn yang bekerja nyata mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

    “Evaluasi dari Dirjen Aptika bahwa Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan Bukalapak dengan valuasi mencapai 1 Miliar dolar, berperan penting sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia,” ujar Sekretaris Ditjen Aptika, Sadjan dalam Verifikasi Berkas Usulan Tanda Kehormatan di Hotel Oria Jakarta Pusat, Kamis (13/06/2019).

    Pemerintah, lanjut Sadjan, sangat menghargai jasa-jasa startup unicorn tersebut dan mengusulkan penganugerahan Satyalancana Wira Karya melalui Sekretaris Militer Presiden. "Bila disetujui tanda kehormatan itu akan diserahkan saat Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019," ungkapnya.

    Satyalancana Wira Karya adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara.

    Kali ini, Kementerian Kominfo mengusulkan Nadiem Makarim (CEO Gojek), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Ferry Unardi (CEO Traveloka), danMuhammad Fajrin Rasyid (Co Founder Bukalapak) untuk menerima penghargaan itu. 

    “Startup tersebut dijadikan kandidat karena dinilai memiliki peran sebagai pionir pada bidang bisnis terutama e-commerce dan revolusi sistem transportasi yang semuanya berbasis digital atau aplikasi,” kata Sadjan.

     

    Paparkan Kontribusi

    Perwakilan dari Gojek, M. Nurreza Rachman, menyampaikan pencapaian yang telah dicapai Gojek selama ini. Mengutip hasil riset Universitas Indonesia, kontribusi mitra Gojek terhadap perekenomian Indonesia mencapai Rp 44,2 trilyun di tahun 2018. Hal ini sejalan komitmen dari CEO Gojek Nadiem Makarim untuk menciptakan social impact berkelanjutan. Aplikasi Gojek sendiri sudah diunduh oleh 130 juta pengguna dan menjangkau 204 kabupaten/kota se-Asia Tenggara. 

    “Gojek telah berhasil menjadi startup karya anak bangsa pertama yang melakukan ekspansi internasional. Kami telah tersedia di Singapura, Vietnam dan Thailand,” ujar Nurreza. 

    Sementara, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, memaparkan perjalanan 10 tahun Tokopedia membangkitkan kewirausahaan melalui ranah digital. “Visi kami adalah pemerataan ekonomi Indonesia melalui digitalisasi. Saat ini telah bergabung 5,7 juta pedagang dimana 70% merupakan wirausahawan baru,” ungkap William.

    Melalui prinsip membangun jembatan penghubung bukan dinding pembatas, Tokopedia telah berhasil menjangkau 97% kecamatan. Pengguna aktif telah mencapai 90 juta orang setiap bulan. “Tokopedia merupakan milik bersama 4200 karyawan. Kami pastikan investor asing maksimal 20% dan tidak memegang kendali perusahaan,” tegas William.

    Adapun Co-founder BukaLapak, M. Fajrin Rasyid menyebut upaya BukaLapak meluncurkan fitur BukaGlobal dengan fokus pengiriman luar negeri. "Para pelaku UMKM bisa melebarkan penjualan ke berbagai negara-negara di Asia," jelasnya. BukaLapak saat ini sudah menjangkau lima negara di Asia, yaitu Taiwan, Singapura, Hongkong, Malaysia, dan Indonesia sendiri. “Sejalan dengan peningkatan jumlah kemitraan, melalui BukaGlobal ini juga kami berusaha terus meluaskan jangkauan negara untuk menjual produk dari para mitra,” tambah M. Fajrin Rasyid.

    Selain BukaGlobal, M. Fajrin Rasyid juga menjelaskan BukaLapak sedang merencanakan fitur pinjaman kredit cashless UMi (Ultra Mikro) sesuai program dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk segera dirilis. Hal tersebut menjadi bentuk inovasi BukaLapak agar lebih menekankan fokus pada individu dengan usaha kecil seperti warung kelontong.

    Menurut Fajrin, startup yang telah bekerjasama dengan UMKM Komunitas di lebih dari 100 kota itu selama ini fokus mendorong warung-warung kecil untuk go online dengan produk berbeda atau bernilai jual lebih. "BukaLapak terus meningkatkan jumlah kemitraan dan penjualan," ungkap Fajrin.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Loker di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar

    Konon, unggahan tersebut dilengkapi dengan informasi beberapa posisi yang diperlukan, seperti staf administrasi, staf pelayanan tata usaha, Selengkapnya

    Menteri Johnny Sematkan Satyalancana Karya Satya untuk 8 ASN Kominfo

    Menkominfo Johnny G. Plate memberikan dan menyematkan langsung tanda kehormatan itu sebelum memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklama Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Menteri Korea Selatan

    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea Lee Sang Min melakukan pertemuan membahas peluang kemit Selengkapnya

    Surat Undangan Rapat Penerima Bantuan Dana Hibah 2022, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta surat undangan yang beredar tersebut adalah tidak benar ali Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA