FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 06-2019

    6076

    [HOAKS] Presiden Jokowi Akan Impor 10 Juta Warga China

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:

    Kabar presiden Jokowi akan mengimpor 10 juta warga China kembali mencuat di sosial media. Beberapa pemilik akun justru mengklaim  upaya mendatangkan jutaan warga asing tersebut sebagai bentuk realisasi dari kerjasama bilateral antara Indonesia dengan China dalam hal ketenagakerjaan. Dengan demikian kehadiran sepuluh juta warga asing tersebut dikhawatirkan dapat mengancam keberadaan tenaga kerja Indonesia sendiri.

    Faktanya, ini merupakan isu lama yang sering diangkat kembali dan diperdebatkan masyarakat. Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara membantah isu tersebut. "Jadi bohong besar jika dikatakan akan ada 10 juta pekerja asing asal Tiongkok yang masuk Indonesia... yang dimuat dalam akun Twitter resmi  Kemensetneg, @KemensetnegRI. Presiden Joko Widodo menegaskan, kabar serbuan 10 juta tenaga kerja China ke Indonesia, merupakan isu semata. Ia memastikan, jumlah tenaga kerja China yang berada di Indonesia tidak sebanyak itu.

     "Enggak ada. Yang ada, kira-kira 23.000 orang" ujar Jokowi dalam pidato Pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Angkatan XII Tahun 2018 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (8/8/2018). Sebanyak 23.000 tenaga kerja Tiongkok itu bukan tenaga low skill alias pekerja kasar, namun tenaga high skill.

    Link Counter:

    https://news.detik.com/berita/d-3376443/pemerintah-tepis-isu-10-juta-tenaga-kerja-china-masuk-indonesia

    https://nasional.kompas.com/read/2018/08/08/10590981/bantah-isu-serbuan-10-juta-tka-china-jokowi-sebut-hanya-23000-orang

    Berita Terkait

    [HOAKS] Ketua KPU Tertangkap karena Akui Jual Data ke Negara Asing

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Aksi Demo Desak Hak Angket pada 20 Maret 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Damansyah

    Selengkapnya

    [HOAKS] Suporter Vietnam Melakukan Teror Kembang Api Dekat Hotel Timnas Indonesia

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA