FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 05-2019

    892

    [DISINFORMASI] Masih 92 % Sudah Diumumkan Menang Jokowi

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Pasca pengumuman pemenangan Pilpres 2019 yang disampaikan dalam rapat pleno di gedung KPU pada selasa 21 Mei dini hari, ramai diperbincangkan di sosial media bahwasanya KPU telah melakukan hal yang licik sebab mengumumkan pemenang sementara penghitungan masih 92%. Narasi tersebut disertai screen shoot website situng KPU yang menampilkan persentase 92%.

    Sebagaimana diketahui bahwa Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman pernah menegaskan jika Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) tidak digunakan untuk menetapkan hasil resmi pemilu 2019. Hasil pemilu yang akan ditetapkan berasal dari rekapitulasi manual secara berjenjang, dari tingkat kecamatan, berlanjut ke kabupaten, kemudian provinsi, hingga terakhir di tingkat nasional. Ia juga menegaskan bahwa situng bertujuan menjadi alat bantu memberikan informasi dengan cepat. Bagian dari penyediaan informasi yang terbuka, transparan kepada publik. Adapun nanti yang di rekapitulasi secara manual berjenjanglah yang dijadikan dasar penetapan. Terkait dengan pengumuman hasil pemilu yang dilakukan, KPU telah merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di 34 provinsi pukul 24.00 WIB, Senin 20 Mei 2019. Usai menyelesaikan rekapitulasi, KPU memutuskan untuk segera mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2019.

     

    Link Counter:

    https://nasional.kompas.com/read/2019/04/30/10213801/kpu-penetapan-berdasar-rekapitulasi -manual-bukan-situng https://www.liputan6.com/pilpres/read/3971330/kpu-umumkan-hasil-rekapitulasi-pemilu-2019- hari-ini




    Berita Terkait

    [HOAKS] Anies Baswedan Serah Terima Jabatan Presiden Bersama Jokowi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemilu 2024 Tidak Menggunakan Undangan Fisik

    Selengkapnya

    [HOAKS] Hasil Sidang Berhasil Buktikan Ijazah Palsu Presiden Jokowi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Biskuit Mudah Terbakar karena Mengandung Lilin

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA