FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 05-2019

    261

    Hoaks Ketua KPU Cium Tangan OSO hingga Kucuran Dana dari Yahudi

    KategoriBerita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Subdit Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengidentifikasi beberapa informasi dan konten hoaks yang beredar di media sosial maupun layanan pesan online. 

    Salah satu penemuan hoaks yang ditemukan adalah sebuah foto yang memperlihatkan Ketua KPU Arief Budiman, mencium tangan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). 

    Berdasarkan hasil penelusuran mesin pencari konten negatif (mesin AIS), Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, foto yang beredar itu telah diklarifikasi langsung oleh Arief Budiman. 

    “Mengenai foto itu, pak Arief sudah mengklarifikasi, beliau tidak melakukan cium tangan kepada Ketua Umum Partai Hanura,” kata Ferdinandus di Jakarta, Minggu, (12/05/2019).

    Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, Ketua KPU memang membenarkan pernah bersalaman dengan OSO, namun ia menilai jabat tangan tersebut bukan dalam rangka menegaskan sikap tertentu. 

    “Beliau (Arief Budiman) juga sudah menegaskan, salaman dengan siapapun seperti itu, tidak berlebihan dan itu biasa apalagi dengan yang lebih senior,” terang Ferdinandus.

    Tidak hanya Ketua KPU yang menjadi korban hoaks, sebuah unggahan di media sosial Facebook juga menyebarkan sebuah postingan bertuliskan, Capres (Joko Widodo) mendapatkan gelontaran dana dari Kaum Yahudi.

    Mendengar kabar hoaks tersebut, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menegaskan, pihaknya tidak pernah menerima bantuan dana asing untuk dana persiapan kepentingan Pemilihan Presiden 2019. 

    “Pak Jokowi mengklaim tak memiliki uang sehingga tak bisa ikut mengeluarkan 'fulus' untuk acara yang digagas para relawan. Jokowi menyadari biaya untuk mengikuti pemilihan presiden 2019 sangat mahal, meski tak menyebutkan angka pasti biaya tersebut,” ucap Ferdinandus. 

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 12 Mei 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo.

    1. Munculnya Bara Api di Yaman

    2. Broadcast untuk Menghindari Mall Di Jakarta dan Surabaya

    3. Mendapat Gelontoran Dana Dari Kaum Yahudi

    4. Ketua KPU Cium Tangan OSO

    5. Pesan Telak Kopassus Untuk PKI

    6. Hanya di Era Jokowi yang Mampu Membelah Gunung di Papua

    7. Video Viral Seorang Pria Dilemparkan Menggunakan Ketapel Besar Dari Atas Gedung

    8. Istri Indro Warkop Meninggal karena Menjadi Perokok Pasif

    9. Benarkah KPU Umumkan Semua Provinsi Dikuasai Prabowo?

    10. Ditemukannya Senyawa Kimia Pemusnah Massal pada 573 KPPS yang Meninggal Dunia

    11. Mendengarkan Musik Klasik Dapat Meningkatkan Kepintaran **

    Berita Terkait

    Siapkan Konten Bermutu Agar LPPL Tak Ditinggal Pendengar

    Dinamika digitalisasi saat ini perlu disikapi oleh lembaga penyiaran agar tidak ditinggalkan pendengarnya. Pasalnya, saat ini terjadi peruba Selengkapnya

    Beredar Hoaks Penjual Bensin Eceran Didenda Rp30 Miliar

    Sebuah konten unggahan di media sosial menyajikan informasi yang salah mengenai kebijakan dari PT. Pertamina. Perusahaan plat merah tersebut Selengkapnya

    Dorong Kerja Sama dengan Pihak Ketiga untuk Terapkan Kota Cerdas

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan kerja sama dengan pihak ketiga dalam penyediaa Selengkapnya

    Beredar Hoaks Penambahan Kuota Penerimaan Calon Polri

    Sebuah informasi beredar di media sosial yang menyebutkan, Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) membuka lowongan Selengkapnya