FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2019

    1087

    Bertemu Menag, Menkominfo Bahas UIII dan Unicorn

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo -  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertemu dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pertemuan itu berlangsung di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2019).

    Kedua Menteri Kabinet Kerja itu membahas perkembangan pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang terkendala keberadaan tower milik RRI di atas lahan milik UIII. Tak hanya itu, Menteri Kominfo dan Menag juga membahas rencana kerja sama Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi dalam industri rintisan atau perusahaan rintisan yang akrab disebut Unicorn.

    Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan kerja sama Unicorn antara Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi yang saat ini dalam proses tindak lanjut itu tidak bisa lepas dari keberadaan Kementerian Agama.  "Saudi Arabia punya duit tapi tidak punya Unicorn. Timbul pemikiran kita membuat aplikasi dan mereka yang menjalankan. Misalnya aplikasi yang berkaitan dengan umrah tanpa menghilangkan aplikasi umrah Kemenag," ujar Rudiantara.

    Menurutnya Saudi Arabia sangat tertarik menjalin kerja sama dengan Indonesia yang memiliki perkembangan dunia digital seperti Unicorn.  "Aplikasi dan sumberdaya manusia kita bantu yang ngembangin. Dari mulai planing, pendanaan sampai ke kepulangan ke tanah air. Jemaah tidak perlu lagi membawa tentengan sebab sudah duluan sampai ke rumah lewat aplikasi ini," tambah Rudiantara.

    Menurut Menteri Rudiantara rencananya dalam waktu dekat pihaknya akan menandatangani MoU antara Kementerian Kominfo Indonesia dengan Kementerian Komunikasi Arab Saudi.

    "Saya bilang saya harus koordinasi dulu dengan Menteri Agama karena soal umrah regulatornya adalah Kementerian Agama. Jadi pada saat MoU nanti kita minta didampingi oleh Kementerian Agama. Saat ini pemeritah Arab Saudi sedang senang-senangnya dengan Indonesia yang memiliki 4 Unicorn. Mereka ingin seperti Indonesia, jadi mereka mau minta bantu," tutur Rudiantara. 

    Menteri Agama Lukman Hakim menyambut baik rencana kerja sama Unicorn yang digagas Kemenkominfo dan meminta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim untuk menindaklajuti bersama pihak Kementerian Kominfo. 

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA