FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2019

    1670

    [DISINFORMASI] Jokowi: Korban Meninggal Itu Sudah Takdir Jangan Diperpanjang Lagi

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah postingan tangkapan layar berita di situs tempo.co dengan judul "Jokowi:Korban Meninggal Itu Sudah Takdir Jangan Diperpanjang Lagi". Berasumsi bahwa narasi dalam berita tersebut benar merujuk kepada kasus meninggalnya petugas KPPS di Pemilu 2019.

    Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa pernyataan Jokowi tersebut adalah hasil suntingan dan dipelintir dari tempo.co yang sengaja diganti judulnya sehingga membangun premis yang salah terhadap foto berita tersebut.Suntingan itu terlihat dari font teks judul yang berbeda dengan font teks yang selama ini dipakai oleh tempo.co. Tempo tidak pernah mempublikasikan tentang pernyataan Jokowi mengenai takdir korban meninggal.Jokowi pun tidak pernah membuat pernyataan tersebut.Postingan berita asli dari tempo.co dengan judul "Jokowi Diminta Tak Hanya Pindahkan Ibu Kota, Tapi..." Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelum memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 29 April 2019. Rapat itu membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota.

    Link Counter :         

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/272/fakta-atau-hoaks-benarkah-tempo-memuat-pernyataan-jokowi-bahwa-korban-meninggal-adalah-takdir

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gibran Menggunakan 3 Mic pada Debat Cawapres, Berbeda dengan Dua Calon Lain

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Panggil Kemendikbudristek Buntut Tudingan Ijazah Palsu Gibran Rakabuming Raka

    Selengkapnya

    [HOAKS] Biskuit Mudah Terbakar karena Mengandung Lilin

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA