FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 05-2019

    2350

    Menkominfo Dorong Konsolidasi Industri Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan industri telekomunikasi di Tanah Air harus terus meningkatkan konsolidasi antar sesama operator seluler.

    Menurut Rudiantara, sejak tahun 2015 pemerintah sudah merancang apa saja program strategis dari industri yang harus dilakukan secara bersama-sama. Namun, industri telekomunikasi di Indonesia belum ideal karena masih terlalu banyak pemain.

    “Boleh dikatakan ‘hutang’ saya sejak tahun 2015 awal, konsolidasi perlu dilangsungkan dengan tujuan agar industri telekomunikasi akan menjadi efisien,” kata Menteri Rudiantara di acara Seminar dan Talkshow Indonesia Technology Forum di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (02/05/2019)

    Menteri Rudiantara menjelaskan upaya konsolidasi penting dilakukan agar industri telekomunikasi di Indonesia menjadi lebih sehat. “Konsolidasi itu corporate action, sehingga pemegang saham yang menentukan tapi pemerintah yang memfasilitasi,” ucap Menteri Rudiantara.

    Menteri Kominfo menambahkan, operator telekomunikasi di Indonesia sendiri dinilai terlalu banyak. Imbasnya, tidak semuanya mendapatkan jatah frekuensi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

    “Pemerintah mendorong operator telekomunikasi berkonsolidasi, karena membutuhkan skala ekonomi yang lebih besar. Karena dengan economic of scale yang meningkat, perusahaan telekomunikasi memiliki bargaining power,” ungkapnya.

    Saat ini di Indonesia,  terdapat enam operator seluler di Indonesia,  yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Hutchison 3 Indonesia, dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia.**

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA