FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 04-2019

    903

    Terbang ke Jayawijaya, Cek Konstruksi Palapa Ring Timur

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara memantau langsung perkembangan konstruksi Proyek Palapa Ring Paket Timur di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (30/04/2019).

    Jayawijaya, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memantau langsung perkembangan konstruksi Proyek Palapa Ring Paket Timur di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (30/04/2019). Bersama Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasti (BAKTI), Anang Latif serta pekerja media, Menteri Kominfo menyaksikan penyelesaian pembangunan tower microwave Palapa Ring di kawasan perbukitan.

    Menteri Rudiantara menjelaskan, Palapa Ring Timur sendiri dibagi menjadi dua sub, yakni sub paket A dan sub paket B. “Sub paket A itu mencakup Provinsi Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat, itu sudah selesai. Bahkan sekarang, silahkan kalau mau di uji coba. Kalau Sub paket B itu di Provinsi Papua,” jelasnya

    Lebih lanjut, Menteri Rudiantara memaparkan kendala dan tantangan di Papua, misalnya yang terjadi pada beberapa kota/kabupaten bagian Selatan maupun di Utara seperti Jayapura, Timika, Merauke, bahkan sampai ke Tanah Merah, dan proyeksinya pun sudah selesai.

    Menteri Rudiantara menjelaskan jaringan Palapa Ring di Papua akan menghubungkan 52 titik. Setiap titik memiliki kesulitan yang berbeda dalam pembangunannya.  

    “Permasalahannya kan yang ada di gunung. Di gunung kan kita tidak bisa narik fiber optic, sedangkan di laut dan di darat bisa,” katanya Sub paket B di Papua ini terdapat 52 titik, sehingga kata Menteri Rudiantara, pemerintah harus membangun microwave. Dari 52 titik tersebut, 28 titik diantaranya tidak ada jalan yang dapat membawa para pekerja dan material.

    “Karena tidak ada jalan, satu-satunya jalan adalah menggunakan helicopter untuk membawa pekerja dan material, juga termasuk membawa air galon. Kenapa air galon? Untuk ngaduk semen kan perlu air. Nah, di atas (gunung) kan gak ada air. Bayangkan di ketinggian 3500 meter di atas permukaan laut,” tambahnya.

    Menteri Kominfo menambahkan dibutuhkan helikopter khusus untuk membawa material pembangunan tower. Bahkan untuk mengangkut air saja harus menggunakan helikopter ke titik area di perbukitan yang minim air.  "Sekali angkut menggunakan helikopter bisa sampai 4,5 ton liter air, diambil dari Wamena kemudian dibawa ke titik-titik proyek pembangunan. Itu bisa dibayangkan kesulitannya seperti apa," ungkap Rudiantara.

    Mengenai ancaman keamanan, Menteri Rudiantara mengapresiasi bantuan aparat TNI dan Polri dalam mengamankan pembangunan tower di titik yang rawan gangguan terutama di daerah pedalaman dan pegunungan Papua. ""Sejauh ini tidak ada gangguan berarti, kawan-kawan TNI dan Polri terlibat penuh melakukan penjagaan di titik-titik rawan tersebut," kata Rudiantara.

    Lokasi pembangunan pedalaman itu di Distrik Sugapa, Ilaga, Kota Mulia, Karubaga, Tiom, Kobakma, Elelim, Wamena, Kenyam, Sumohai, Dekai, dan Oksibil. Semua distrik itu tersebar di Kabupaten Sorong, Fef, Aifat, Teminabuan, Bintuni dan Anggi. Ada juga di daerah Manokwari, Tanggung, Raisei, Ransiki, Biak, Numfor, Sorendiweri, Serui, Botawa, Nabire, Botawa, Kigamani, Tigi, Timika, Enarotali, Agats, Merauke, Keppi, Tanah Merah, Waropko, Jayapura, Waris, Sarmi, dan Burmeso.

    Menteri Rudiantara menceritakan satu kendala lagi yang menjadi tantangan unik  berbeda dari pembangunan Palapa Ring Barat dan Tengah. "Persoalan lainnya yaitu soal tanah. Di Papua berbeda dengan tempat lainnya, ada istilah tanah adat yang tidak bisa begitu saja kita ambil ada pendekatan yang dilakukan melakuj tokoh adat, agama dan masyarakat," jelas Rudiantara.

    Meskipun demikian, Menteri Rudiantara meyakini pembangunan jaringan tulang punggung internet cepat Palapa Ring Timur akan selesai sesuai jadwal pada pertengahan tahun ini. "Setelah selesai akses internet akan dirasakan merata di timur Indonesia. Kita tak akan menyerah untuk membangun Indonesia, mengurangi kesenjangan akses internet di seluruh indonesia," katanya.

    Berita Terkait

    Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

    Dalam agenda kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan bertemu dengan kelapa Dinas Kominfo dari 14 provinsi di Indonesia. Selengkapnya

    Kunker ke Batam, Menkominfo Dorong Industri Dalam Negeri Dukung Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Batam Kepulauan Riau. Dalam kunjungan kali ini, Menteri Komi Selengkapnya

    Lepas Purnabakti, Sekjen Kominfo Apresiasi Rudiantara dan Stafsus

    Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menggelar pelepasan Purnabakti atau ASN Kominfo yang telah memasuki masa pensiun untuk period Selengkapnya

    Pemkab Jayawijaya Harap Palapa Ring Dorong Ekonomi Digital Setempat Tumbuh Cepat

    Proyek Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur telah tersambung secara keseluruhan. Dengan rampungnya proyek yang termasuk dalam program Tol Lan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA