FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2019

    2581

    Yogyakarta Akan Jadi Ujung Tombak Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Yogyakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara menyatakan konsep smart city merupakan konsep yang harusnya berfokus pada bagaimana melayani masyarakat lebih baik. Tak hanya smart city, Menteri Rudiantara juga merencanakan Yogyakarta sebagai ujung tombak ekonomi digital. 

    "Teknologi hanya alat saja. Karenanya, smart city juga bukan hanya perkara teknologi, tapi lebih pada kebutuhan masyarakat. Mulai dari kebutuhan yang sangat mendasar, seperti sanitasi, air minum, dan kesehatan," paparnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Triwulan I Tahun 2018 di Hotel Eastparc Yogyakarta, Kamis (25/04/2019).

    Dengan pendekatan seperti itu, maka pemerintah akan membutuhkan transformasi pendekatan tidak lagi menjadi regulator tapi lebih pada fasilitator.  “Dan ini direalisasikan pada semua bidang, termasuk perekonomian digital, di mana Kominfo akan bertindak sebagai fasilitator saja,” imbuhnya. 

    Berkaitan dengan pengembangan ekonomi digital, Menteri Rudiantara mengungkapkan rencana menjadikan Yogyakarta sebagai ujung tombak. Hal itu direalisasikan dengan membentuk pusat pengembangan talenta ekonomi digital di Yogyakarta.

    “Kami telah menggandeng empat lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan talenta. Ini karena adanya tuntutan untuk kita segera bergerak menempa sumberdaya manusia bertalenta di bidang perekonomian digital,” katanya.

    Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mendorong pembangunan di DI Yogyakarta berlangsung sinergis dan smart.

    “Kita harus smart membaca perubahan, smart dalam melakukan inovasi, dan smart memberikan pelayanan. Di era yang sudah digital ini, memasukkan berbagai ide bisnis dalam sebuah ekosistem tentu tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun jiwa problem solving seorang entrepeneur-lah yang sulit ditemukan,” ungkap Sri Sultan.

    Oleh karena itu, Sri Sultan berpesan agar jiwa entrepreneurship menjadi instrumen yang paling penting dan harus dimiliki para pimpinan OPD, dalam memulai sebuah usaha. Menurutnya, kemampuan untuk melihat peluang, dan memaksimalkan problem solving ideas adalah senjata yang harus terus diasah, daripada hanya sekadar mengandalkan kekuatan modal semata.

    “DIY harus belajar kepada siapapun untuk meningkatkan performa manajemen organisasi yang lebih visioner, lebih modern, lebih terarah, dan lebih akuntabel,” imbuh Sri Sultan.

    Menurut Gubernur DIY, pelaksanaan Jogja Smart Province adalah grand design yang dapat merangsang tumbuhnya inovasi pada semua lini, dengan memanfaatkan teknologi digital pada semua aspek pelayanan. Hal itu akan membantu keseharian dalam bekerja yang mengubah pola hubungan dan komunikasi.

    “Sudah saatnya kita berubah demi masa depan. Karenanya, lembaga birokrasi harus mampu menata dirinya mengikuti perkembangan teknologi. Jangan sampai ASN kita gagal terhadap perubahan itu karena dinamika perubahan pada pelayanan publik yang semakin besar dan cepat. Revolusi digital 4.0 adalah sebuah keniscayaan yang harus disambut dengan peningkatan layanan publik secara lebih smart,” papar Sri Sultan. 

    Dalam laporan kinerja Triwulan I Tahun 2019, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DI Yogyakarta, Budi Wibowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi DIY pada 2018 yang meningkat 6,2% membuat DIY menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Jawa, maupun secara nasional. 

    Komponen yang menyebabkan tingginya pertumbuhan ekonomi DIY ini ialah  peningkatan investasi dan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur strategis di DIY.

    “Selain investasi, lapangan usaha yang tumbuh pesat adalah sektor informasi dan komunikasi. Pesatnya layanan belanja online melalui telepon pintar ditengarai menjadi pendongkrak dinamisnya lapangan usaha tersebut,” imbuhnya. 


     

     

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Bicara Ekonomi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan, Kominfo Kembangkan DiGiKa

    Penggunaan DiGiKa sudah banyak membantu pengelolaan administrasi keuangan, namun terus disempurnakan sesuai dengan kebutuhan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA