FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2019

    1531

    Menkominfo: Tangkal hoaks dan sayangi pulsa

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Dialog Menyatukan Perbedaan Membangun Negeri yang diisi oleh Menkominfo Rudiantara di Bukittinggi, Rabu (24/4/2019)

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyarakat agar menangkal hoax dengan cara mengingat banyaknya pulsa yang akan terbuang ketika ikut menyebarkan berita bohong. "ikut-ikutan sebar hoaks, sayang pulsa dan kita bisa rugi dua kali ,"katanya di Bukittinggi, Rabu, usai mengisi dialog bertema Menyatukan Perbedaan Membangun Negeri.

    Ia menerangkan di media sosial, komunikasi banyak dilakukan melalui aplikasi sehingga penerima dan oengirim konten sama-sama dikenai biaya. Hal itu berbeda jika dibandingkan komunikasi dahulu hanya pihak yang menghubungi saja yang akan menanggung biaya. 

    "Jadi ketika menerima foto, video, atau tulisan, penerima dan pengirim sama-sama kena biaya, pulsanya sama-sama "kesedot,"ujarnya. menurutnya masyarakat akan rugi dua kali karena kondisi itu, yaitu menerima kabar tidak benar lalu pulsa terbuang percuma hanya untuk menyebarkan informasi tanpa manfaat. "

    Di era media sosial harus cermat, jangan sampai rugi dua kali"katanya. ia menerangkan informasi bohong biasanya ditandai dengan informasi mengatasnamakan golongan tertentu disertai ajakan untuk segera menyebarluaskan.

    Kemkominfo, sebutnya telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran hoaks diantaranya melalui literasi digital agar masyarakat cerdas ketika menyimak informasi di dunia maya.

    Selanjutnya, Kemkominfo juga memantau informasi yang beredar. Jika ditemukan hoaks, selain melakukan take down, pihaknya mengambil langkah dengan menyandingkan hoaks yang telah tersebar dengan informasi yang sebenarnya. "Dengan cara ini, hoaksnya seperti apa sementara kondisi aslinya,"katanya. Langkah terakhir yaitu dengan bekerja sama dengan aparat hukum dalam penindakan.

    sumber berita: Syahrul Rahmat (antaranews)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA