FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 04-2019

    3027

    Kominfo: 24.000 Desa Belum Tersentuh Layanan Internet

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menkominfo Rudiantara

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menilai implementasi smart city masih menjadi tantangan dalam pembangunan teknologi di setiap wilayah Indonesia. Mengingat saat ini masih ada 24.000 desa yang belum tersentuh akses layanan internet. "Tantangan kita adalah membawa sebuah konsep smart city itu, bukan hanya untuk orang kota, karena kita masih punya sekitar 24.000 desa yang belum punya internet," ujar Plt Direktur Layanan Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggoro dalam diskusi "Being Smart with Smart City" di Chakra Hall & Lounge, The Breeze-BSD, Tangerang, Rabu (10/4/2019).

    Bambang mengatakan, penyediaan internet secara nasional seharusnya menjadi prioritas yang harus dipikirkan dalam pembangunan smart city. Persoalan tersebut yang saat ini pemerintah sedang diupayakan. "Tantangan kita bagaimana kita bisa menyediakan akses internet untuk masyarakat desa. Pemerintah sudah bekerja sama dengan dunia usaha, kita ada satelit," ucapnya. "Dalam jangka waktu dekat kurang lebih ada 150.000 titik di desa, kecamatan, koramil, polsek sekolah, puskesmas akan diberikan akses internet. Dengan demikian mereka bisa merasakan hidup sebagai masyarakat bergaya smart city," lanjut Bambang. 

    Dalam melakukan penyebaran akses internet ke 150.000 titik di seluruh Indonesia tersebut, pemerintah akan menggunakan satelit sendiri. Saat ini, proyek satelit Satria tengah dilelang dan direncanakan pada bulan ini diumumkan pemenangnya. Nantinya, satelit berjenis High Throughput Satellite(HTS) akan diproduksi awal 2020 dan diharapkan meluncur pada 2023.

    Ia pun mengingatkan pembangunan smart city juga tidak terlepas dari pemimpin setiap daerah. Untuk itu, Bambang meminta pemerintah daerah juga harus berperan aktif menjadi alat untuk mensinergikan layanan lintas sektor. 

    "Kalau kita bicara smart city pimpinannya adalah kepala daerah. Jadi sentral utamanya adalah pemerintah. Maka tantangan utama adalah bagaimana pemerintah jadi alat untuk seinergikan layanan yang ada di berbagai macam sektor," paparnya.

    Sumber berita: Evi Safitri (Detik.com)

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA